Madiun Dipadati Ribuan Wisatawan Selama Libur Panjang

Madiun – Kota Madiun, Jawa Timur, menjadi salah satu tujuan wisata selama libur panjang dan cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

‘’Animo pengunjung luar biasa. Setiap hari saya pantau terutama di Jalan Pahlawan dan Taman Sumber Wangi, ada sekitar 20 ribu pengunjung,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi saat meninjau Pahlawan Street Center (PSC), Sabtu (31/10) malam.

Maidi menyebut, liburan kali ini bisa menjadi referensi untuk menentukan kebutuhan kantong parkir, kamar mandi, tempat duduk, hingga menentukan lapak-lapak kuliner. Ia juga tida menampik ada banyak hal yang perlu ditambah ke depannya.

‘’Jadi jangan sampai yang datang ke sini kecewa. Apa yang kurang terus kita evaluasi untuk dilengkapi ke depan. Apalagi banyak yang bawa putra-putrinya. Fasilitas harus bagus dan lengkap,’’ tegasnya.

Pengunjung PSC, kata wali kota, bisa saja lebih membludak jika fasilitas dan sudah lengkap, salah satunya deretan mobil antik dan kuliner di Taman Sumber Wangi.

"Jalan Pahlawan memang bakal menjadi semacam area pameran mobil antik nanti. Mobil bisa terus berganti setiap pekannta. Selain itu, juga ada jual-beli di atas mobil mewah," ujarnya.p

Maidi optimistis terobosan-terobosan tersebut bisa mendongkrak pengunjung.

‘’Kita juga cek kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan dan kebersihan. Saya apresiasi kedisiplinan dan kesadaran masyarakat sudah cukup baik. Tetap pakai masker dan buang sampah pada tempatnya,’’ jelasnya.

Untuk mengawasi protokol kesehatan, Maidi mengatakan, Pemkot Madiun mengerahkan sekitar 150 personel gabungan yang disiagakan dalam rangka libur panjang kali ini. Dirinya berharap banyaknya masyarakat yang masuk tidak meninggalkan masalah baru terutama penyebaran COVID-19.

‘’Banyak yang datang tentu banyak juga sampah yang dihasilkan. Karenanya, untuk kuliner nanti hanya boleh di jalan sayap seperti Jalan Perintis, Kalimantan, Sulawesi, atau Jalan Pandan. Jalan Pahlawan harus bersih. Kalau bersih pasti nyaman. Ini akan meninggalkan kesan baik. Harapannya, pengunjung mau datang lagi dan mempromosikan kepada yang lain,’’ harapnya.