Kapolres Manggarai Barat Terima Penghargaan Konservasi dari KLHK

Labuan Bajo – Kapolres Manggarai Barat (Mabar) AKBP Bambang Hari Wibowo menerima  penghargaan dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Minggu (01/11).

Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur KSDAE Kementerian LHK RI Wiratno kepada Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo dalam acara Pemberian Penghargaan Konservasi dan Tasyakuran Gedung Komodo Visitor Center.

“Piagam penghargaan ini diberikan atas jasa Kapolres Manggarai Barat sebagai inisiator Pusat Komando Keamanan Wisata pada Kabupaten Manggarai Barat,” kata Dirut KSDAE Wiratno.

Sementara itu Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo mengucapkan terima kasih atas piagam penghargaan yang diberikan.

"Terima kasih banyak telah memberikan penghargaan kepada kami, dari awal kami sangat konsen dan peduli terhadap lingkungan," ujarnya.

Kapolres Mabar menjelaskan Polres Mabar bersama Direktur BOPLBF Ibu Shana Fatina dan Kepala Balai TNK Lukita Awang Nistyantara sudah membuat sebuah program yang bernama Electronic Securing Integrated System (ESIS) dan ke depan selain Gedung Comand Center yang ada di Polres Manggarai Barat.

"Gedung ini, selain bernilai strategis juga akan menjadi Pusat Komando dan seluruh masyarakat maupun wisatawan yang ingin melihat Komodo, kalau tidak punya waktu kesana, mereka bisa lihat dari sini secara virtual atau dapat juga dengan mendownload sebuah aplikasi di smartphone lainnya,” tegas AKBP Bambang Hari Wibowo.

AKBP Bambang Hari Wibowo menambahkan Kabupaten Manggarai Barat sudah ditunjuk menjadi sebuah Kawasan Pariwisata Super Premium dan Super Prioritas satu–satunya di Indonesia, tentunya harus dibarengi dengan sebuah pola sistem pengamanan yang super premium.

“Polres Manggarai Barat bersama–sama BOPLBF, BTNK, dukungan dari Pemda Manggarai Barat serta KADIN Manggarai Barat bersama asosiasinya, pada tahun 2021 mendatang akan meluncurkan sebuah sistem pengamanan berbasis IT yang modern dan pertama di Indonesia dengan nama ESIS,” tegasnya.

(Syarif ab)