BPSDMP Kominfo Madiun Gelar Pelatihan Digital Entrepreneur Academy

Madiun – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Surabaya menggelar Digital Entrepreneur Academy di Kota Madiun. Pelatihan bagi pelaku UMKM di Kota Pendekar ini merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship 2020 Kemenkominfo.

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika Eka Handayani menyebut, pelatihan ini diharap dapat membantu pelaku UMKM untuk berkembang, salah satunya melalui digital marketing. Karenanya, materi pelatihan tak jauh dari digitalisasi dalam dunia usaha.

‘’Mudahnya, bagaiamana pelaku UMKM ini bisa go online,’’ kata Eka di sela pelatihan yang berlangsung di Aston Hotel Madiun, Jumat (20/11).

Eka mengatakan, sebanyak 40 peserta pelaku UMKM terpilih di Kota Madiun tersebut bakal mengikuti pelatihan selama dua hari, tidak hanya materi, namun juga praktik salah satunya, teknik foto produk agar lebih menarik.

Pandemi, kata Eka, tidak dipungkiri memukul sektor usaha. Tak terkecuali pelaku UMKM. Pelatihan digitalisasi usaha pada UMKM diharapkan dapat mengembangkan UMKM akibat pandemi COVID-19.

‘’Sedangkan untuk daerah pelatihan ini juga mendukung percepatan revolusi industri 4.0 dan konsep smart city yang dekat dengan digitalisasi,’’ jelasnya sembari menyebut Kota Madiun merupakan satu dari enam daerah di Jatim yang dipilih sebagai lokasi pelatihan karena termasuk daerah dengan risiko rendah COVID-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Subakri mengapresiasi kegiatan BPSDMP Kemenkominfo tersebut.

Subakri yang juga hadir sebagai narasumber menyebut pelatihan akan sangat membantu pelaku UMKM di Kota Madiun.

Ia mengatakan, Pemkot Madiun memang tengah berupaya mengembangkan sektor UMKM. Berbagai upaya dilakukan, selain pelatihan dan pendampingan, Pemkot Madiun melalui Dinas Kominfo juga membantu dengan program 1.500 titik wifi gratis.

‘’Kita juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Selain itu juga ada fasilitas wifi gratis. Ini semua juga dalam rangka mendukung pelaku UMKM. Pelatihan dari BPSDMP Kominfo ini akan semakin melengkapi upaya pengembangan UMKM di Madiun,’’ ujarnya.