Wali Kota Madiun Ikuti Penyerahan DIPA dan TKDD secara Virtual

Madiun – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) ke seluruh kementerian dan lembaga (K/L) serta Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Tahun Anggaran 2021 lebih cepat dari biasanya. Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyerahkan DIPA dan TKDD tersebut di Istana Negara, Rabu (25/11).

Penyerahan lebih awal ini merupakan upaya pemerintah pusat mendukung penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, dan pembangunan strategis.

Presiden Jokowi menyebut belanja pemerintah merupakan penggerak utama ekonomi dictengah kelesuan. Karenanya Presiden menginstruksikan APBN harus segera dibelanjakan dan berharap Januari 2021 sudah mulai ada pergerakan. Terutama kementerian dan Lembaga yang memiliki anggaran besar.

‘’Lakukan lelang sedini mungkin. Ini penting untuk menggerakkan ekonomi di kuartal pertama 2021. Bantuan sosial, Januari sudah ada pergerakan. Segera diberikan kepada penerima manfaat agar belanja masyarakat meningkat sehingga menggerakkan ekonomi di lapisan bawah,’’ katanya.

Sementara itu Wali Kota Madiun Maidi mengaku siap melaksanakan instruksi presiden untuk segera bergerak cepat. Bahkan, hal itu sudah dilakukan di tahun ini.

‘’Prinsipnya kita siap dan sudah melaksanakan. OPD terus kita dorong untuk cepat dan cepat. Termasuk dalam pembahasan APBD 2021 kemarin, di saat daerah lain belum mulai kita sudah pengesahan. Nah, upaya-upaya ini untuk percepatan perwujudan cita-cita kita bersama. Kesejahteraan masyarakat,’’ ungkapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)