Menag Apresiasi Kerukunan Umat Beragama di Kota Kupang

Kupang - Menteri Agama Fachrul Razi memberi apresiasi kepada pemerintah dan warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur yang telah membina kerukunan antar umat beragama dengan baik selama ini.

Pujian tersebut disampaikan Fachrul Razi dalam dialog keberagaman bersama para tokoh agama Kota Kupang di Vihara Pubbaratana, Jumat (27/11).

Vihara Pubbaratana merupakan rumah ibadah untuk umat Budha perdana yang dibangun di Kota Kupang.

Menteri Agama dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Kupang yang telah berkenan memberikan lahan untuk dibangun rumah ibadah yang indah dan representatif ini.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak termasuk para tokoh agama di Kota Kupang yang hingga saat ini telah merawat kerukunan dalam keberagaman.

Diakuinya kebhinekaan jika dirawat dengan baik bisa menjadi kekuatan yang luar biasa.

"Namun jika tidak dirawat dengan baik bisa menjadi sumber perpecahan. Ketidakadilan dan diskriminasi menjadi ancaman terhadap keberagaman tersebut. Karena itu menurutnya toleransi antar umat beragama menjadi sangat penting sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi kepada umat beragama lain," kata Fachrul Razi.

Menurut dia, toleransi membawa pengaruh besar terhadap ekonomi suatu daerah. Sebagai contoh menurutnya sebuah daerah dengan kekayaan wisata alam tidak akan mau dikunjungi wisatawan jika tidak ada toleransi terhadap agama yang dianutnya.

Purnawirawan Jenderal TNI itu juga mengakui sebagai wujud toleransi antar umat beragama, sebelumnya dirinya sudah punya ide agar asrama haji yang ada di Kota Kupang tidak hanya digunakan oleh umat muslim saja untuk persiapan naik haji dan umroh, tetapi juga bisa digunakan oleh umat beragama lain.

"Namun ternyata ide itu sudah lebih dahulu diterapkan oleh para tokoh agama di Kota Kupang, asrama haji Kota Kupang menjadi tempat tinggal bagi 40 mahasiswa asal Papua yang beragama Kristen yang sedang menimba ilmu di Kota Kupang," tegasnya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada para tokoh agama di Kota Kupang pada khususnya dan NTT pada umumnya yang telah berkontribusi merawat kerukunan bangsa ini.