Pjs Bupati Manggarai Ajak DWP Bangun Pola Hidup Sehat di Keluarga

Manggarai - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Manggarai menggelar Seminar Kesehatan tentang Penyakit Corona dan Diabetes Melitus serta Pencegahannya di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Jumat (20/11).

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Pjs Bupati Manggarai Zeth ini merupakan salah satu program kerja DWP Kabupaten Manggarai bidang pendidikan tahun 2020.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan Yustin Sahadoen, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan seminar ini selain untuk menambah wawasan tentang penyakit COVID-19 dan Diabetes Melitus, juga diharapkan agar para peserta seminar dapat turut berperan aktif mensosialisasikan pola perilaku hidup sehat baik dalam keluarga, lingkungan sekitar, maupun ditengah masyarakat.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Zeth mengajak seluruh peserta untuk senantiasa menjaga dan mematuhi protokol kesehatan.

"Dunia saat ini sedang menghadapi virus Corona. Maka, tidak ada cara lain kecuali kita harus mewaspadainya. Tidak ada cara lain kecuali kita harus mengikuti protokol kesehatan", tuturnya.

"Kita harus menjaga diri agar tidak tertular. Hati-hati dan waspadalah", lanjutnya.

Hal yang sama pun ia sampaikan terkait penyakit Diabetes Melitus.

"Ini juga penyakit yang berbahaya. Sekali dia kena, maka dia akan menyerang seluruh organ tubuh", tuturnya.

Lebih lanjut, Pjs Bupati Zeth membeberkan kepentingan pemerintah dibalik dukungannya terhadap setiap program kegiatan dari organisasi DWP.

"Ibu-ibu Dharma Wanita adalah istri aparatur sipil negara. Kerja aparatur sipil negara adalah memikirkan tentang kehidupan rakyat, memikirkan tentang kemajuan daerah, memikirkan tentang bagaimana rakyat di daerah ini bisa sejahtera, dan dipenuhi pelayanan-pelayanan yang terbaik, serta tersedianya seluruh fasilitas dan infrastruktur publik lainnya", ungkapnya.

"Itu dipikirkan dan dikerjakan oleh seorang aparatur sipil negara", ujarnya.

Bisa dibayangkan, lanjutnya, seandainya beban tugas dan tanggungjawab seorang ASN yang begitu besar tidak berjalan dengan baik jika ASN dan keluarganya dihalangi oleh persoalan kesehatan.

"Dia akan hari-hari menghadapi kebingungan, out of control, hilang keseimbangan, karena dia memikirkan tentang istri dan anak yang sedang sakit", paparnya.

Oleh karena itu, menurutnya, dengan kesehatan yang baik dalam keluarga, akan secara langsung mendukung keberhasilan tugas pelaksanaan sang suami.

"Dibalik kesuksesan seorang suami, ada seorang isteri yang Wise dan Wisdom, bijaksana dan baik hati", tuturnya.

Ia pun mengajak para Ibu anggota DWP untuk mengambil peran dalam membangun rumah tangga yang sehat.

Seminar sehari ini menghadirkan Ketua PPNI Kabupaten Manggarai Lodovikus D. Moa sebagai narasumber.