Pemkot Madiun Gelar Anugerah KIM Berprestasi

Madiun – Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat

‘’KIM berperan penting dalam penyebarluasan informasi. AKB ini hanya sebatas stimulan agar partisipasi mereka semakin ditingkatkan,’’ kata Wali Kota Maidi usai gelaran acara di GCIO Dinas Kominfo Kota Madiun, Senin (14/12).

Selain itu, AKB sekaligus upaya pemerintah menggali informasi dari kearifan lokal. Sebab, hadirnya lomba mengharuskan KIM aktif menggali berita di kelurahan masing-masing. Berita yang diunggah dalam website KIM masing-masing bisa menjadi salah satu pintu pemerintah menyerap aspirasi masyarakat. Sebaliknya, pemerintah juga terbantu melalui penyebaranluasan berita oleh masing-masing KIM.

‘’KIM ini merupakan penerus informasi dari balai kota (Pemerintah Kota Madiun) sampai ke warga, sampai ditingkat paling bawah. Karenanya, peran ini kita tingkatkan salah satunya dengan perlombaan seperti ini,’’ terangnya.

Begitu juga dengan kategori inovasi literasi dan pewarta warga. Melalui perlombaan ini pemerintah ingin menggali kreatifitas KIM khususnya dalam penyebarluasan informasi. Pemerintah Kota Madiun juga ingin meningkatkan peran masyarakat dalam penyebarluasan infromasi melalui lomba pewarta warga.

‘’Ini sudah cukup bagus. Ke depan, kita tingkatkan anugerah jurnalistik. Para wartawan ini kita lombakan. Pemenangnya kita sekolahkan lagi agar ilmu kejurnalistikannya semakin meningkat,’’ terangnya.

Kategori pengelolaan website dimenangkan KIM Pandan Arum Pangongangan, KIM Anyelir Kejuron, dan KIM Larasati Kanigoro. Kategori Inovasi Literasi dimenangkan KIM Kencana Indah Banjarejo, KIM Citra Taruna Kencana Winongo, dan KIM Anyelir Kejuron. Sedang kategori pewarta warga dimenangkan Kurniawan warga Kejuron, Ester Kristanti warga Kanigoro, Wisanggeni warga Taman, dan Judi R Setyono warga Nambangan Lor sebagai juara favorit. (nanda/agi/diskominfo)