Plt Bupati Muara Enim Terima Penghargaan AMPL Award 2019

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah menerima piagam penghargaan pada ajang AMPL Award Tahun 2019 dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI Suharso Monoarfa atas keberhasilan Kabupaten Muara Enim memiliki inovasi Amnesti Tangki Septik Bocor.

Pada ajang Konferensi Sanitasi dan Air Minum 2019 yang dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Grand Ballroom Kempinski Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/12), Plt Bupati Muara Enim Juarsah didampingi Sekda Muara Enim Hasanudin, bersyukur atas torehan prestasi yang telah diukir Kabupaten Muara Enim pada AMPL Award 2019.

Juarsah mengatakan, Muara Enim dinilai Kementerian PPN/Bappenas RI telah berhasil menjaga baik sistem sanitasi dan pembangunan air minum melalui inovasi Amnesti Tangki Septik Bocor, sehingga meraih penghargaan bersama lima kabupaten/kota lainnya.

Pada inovasi Amnesti Tangki Septik Bocor (ATSB), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan fokus dalam penanganan septik tank yang berkualitas dengan mendorong masyarakat untum melakukan sedot tinja.

ATSB ini sendiri merupakan program unggulan Pemkab Muara Enim yang didasarkan pada prinsip "Yang Mencemar Harus Membayar" sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH).