Pemkab Muara Enim Peringati Hari Ibu ke-92

Muara Enim - Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim dr Yan Riyadi hadiri sekaligus menjadi Inspektur  Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Ibu Ke-92 Tingkat Kabupaten Muara Tahun 2020, Rabu (16/12).

“Selamat memperingati Hari Ibu ke-92 kepada ibu-ibu sekalian. Terima kasih atas cinta kasih dan dedikasi kaum ibu dalam keluarga serta sumbangsih maupun peran kaum ibu dalam menyukseskan pembangunan nasional, terkhusus di Kabupaten Muara Enim,” katanya.

Dirinya menerangkan, dalam sejarahnya peringatan hari ibu didasarkan pada munculnya kesadaran hidup berbangsa dengan nilai utama persatuan dan kesatuan serta upaya kaum perempuan dalam meningkatkan derajat kehidupan bangsa di tengah belenggu penjajahan.

Kemudian lanjutnya, fungsi ibu dalam keluarga adalah sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Artinya proses penanaman nilai-nilai kehidupan dan pembentukan karakter anak sangat bergantung pada fungsi dan peran seorang ibu.

“Ini menandakan bahwa kaum ibu merupakan komponen penting dalam pelaksanaan pembangunan yang tak dapat diabaikan, sebagai inspirator bagi keluarga dan masyarakat. Sebagaimana tema hari ibu ke-92 yaitu ”Perempuan Berjaya Indonesia Maju Mengangkat Perjuangan Perempuan Sebagai Inspirator Dalam Keluarga dan Masyarakat Pada Era Tatanan Baru,” ujar Plt Sekda.

Dirinya berharap melalui peringatan hari ibu tahun ini, kaum ibu dapat turut andil dalam menginisiasi dan mensosialisasikan pentingnya disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang telah dianjurkan oleh pemerintah.