Kemenparekraf: Desa Wisata Perkuat Potensi Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan banyak sekali potensi wisata di Labuan Bajo Manggarai Barat yang bisa dieksplorasi, apalagi dengan adanya percepatan pembangunan destinasi super prioritas.

”Salah satu potensi yang saya liat adalah desa wisata di Pulau Rinca bernama Desa Pasir Panjang, saya melihat langsung daya tarik yang dimiliki seperti produk ekonomi kreatif berupa ukiran komodo dan juga hasil ikan," katanya Jumat (08/01).

Desa Pasir Panjang di Pulau Rinca merupakan salah satu dari 200 lebih desa wisata yang disiapkan untuk melengkapi Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas.

Saat tiba di Kampung Rinca Menparekraf disambut secara adat dan menyaksikan penampilan tarian animal pop Komodo yang menjadi ikon desa dalam mendukung potensi desa wisata ini.

"Anak muda di Desa Pasir Panjang juga aktif berkomunitas dalam mengkolaborasikan ciri khas budaya lokal dengan tarian kekinian. Salah satunya Animal Pop Komodo, komunitas yang sebelumnya menjadi bagian dari program AKSILARASI Kemenparekraf," ujarnya.

Program pendampingan penciptaan produk kreatif di destinasi super prioritas adalah yang menghubungkan pusat dengan daerah, pemerintah dengan masyarakat dan pihak-pihak terkait untuk bersama-sama menciptakan ekonomi kreatif berkelanjutan.

Menparekraf berharap bahwa seluruh spot wisata di Indonesia harus melibatkan masyarakatnya.

"Di desa ini kita melihat bagaimana masyarakatnya ikut andil dalam mempertunjukkan seni budayanya, serta keterampilannya dalam membuat pernak- pernik untuk ditawarkan kepada wisatawan," ujarnya. (Syarif ab)