Pemkot Tomohon Canangkan Vaksinasi COVID-19

Tomohon - Pemerintah Kota Tomohon melakukan pencanangan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tomohon, Jumat (15/1)

Sebagai kepala daerah pertama di Sulawesi Utara yang menerima vaksinasi COVID-19 yaitu Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman.

Untuk diketahui Kota Tomohon merupakan daerah pertama di Provinsi Sulawesi yang menerima vaksin COVID-19 merek Sinovac bersama dengan perlengkapannya. Penyuntikan vaksin saat pencanangan didahului Wali Kota Tomohon disusul Kapolres Tomohon AKBP Bambang Azhari Gatot, Asisten Umum Setda Kota Tomohon ODS Mandagi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Gerardus Mogi, serta dilanjutkan unsur tenaga kesehatan.

Wali Kota Eman, dalam sambutannya menjelaskan pemerintah pusat telah menetapkan pandemi viru Corona sebagai bencana non-alam. Di Provinsi Sulawesi Utara sampai dengan 13 Januari 2021 jumlah kasus terkonfirmasi positif 10.793 kasus dan 343 orang meninggal (3,18%), sementara Kota Tomohon jumlah kasus hingga 13 Januari 2021 berjumlah 1177 kasus konfirmasi positif, dengan angka kesembuhan 62,90 % dan 39 orang meninggal dunia (3,31%).

"Dengan melihat data di atas, perlu segera dilakukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan, namun juga perlu langkag efektif untuk memutus mata rantai penularan penyakit yaitu melalui upaya vaksinasi. Vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Corona, mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat dan melindungi masyarakat, agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi," ujarnya.

Jimmy menjelaskan, kekebalan kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah, serta upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan.

Pelayanan vaksinasi di Kota Tomohon berjumlah 11 layanan (7 puskesmas, 3 rumah sakit,1 klinik polres) dan vaksinasi mulai dilaksanakan pada hari ini jumat, 15 januari 2021 dengan jumlah sasaran tahap 1 penerima vaksinasi covid-19 adalah tenaga kesehatan yang berjumlah 1539 sasaran, dengan jumlah vaksinator Kota Tomohon yang sudah dilatih berjumlah 18 orang.  Vaksin yang sudah diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara pada hari rabu tanggal 13 januari 2021 sebanyak 3100 vial vaksin sinovac, vaksin ini sudah memiliki sertifikat halal dari Kementrian Agama dan ijin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Dosis vaksinasi yaitu pemberian sebanyak 2 kali (0 hari dan hari ke 14).

Untuk tahap pertama vaksinasi COVID-19 diberikan kepada pimpinan daerah sebanyak 5 orang dan tenaga kesehatan sebanyak 6 orang. Selanjutnya masyarakat Kota Tomohon akan menerima vaksinasi secara bertahap sesuai dengan jadwal dan tahapan pemberian vaksin. Sampai selesai di mana seluruh sasaran memperoleh vaksinasi COVID-19.

Jimmy berharal masyarakat penerima vaksin ini tidak ragu untuk divaksin, serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Yang terpenting juga meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, masyarakat diimbau untuk selalu disiplin terhadap protokol kesehatan dengan tetap menerapkan beberapa hal yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Deesje Liuw M Biomed menjelaskan tahapan persiapan vaksinasi COVID-19 di Kota Tomohon yaitu dimulai dengan pendataan sasaran, pendataan faskes dan sdm kemudian registrasi sasaran, kesiapan logistik dan distribusi kemudian pelaksanaannya.

Tampak hadir Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua DPRD Djemmy Sundah, Kajari Immanuel Richendry Hot, Danramil Kapten Inf Sulistyo mewakili Dandim 1302 Minahasa, Penjabat Seskot Tomohon Juliana D Karwur, para Direktur Rumah Sakit di Kota Tomohon, serta unsur jajaran pemkot.