Bupati Pandeglang Ajak Petani Terus Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, terus berupaya meningkatkan produktivitas di bidang pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.

“Dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, Pemkab Pandeglang terus berupaya meningkatkan produktivitas di berbagai bidang pertanian, baik itu hortikultura, perkebunan dan peternakan,“ kata Irna saat melakukan panen bawang merah dan tomat di Kecamatan Mandalawangi dan Jiput, Selasa (26/1).

Ia mengatakan pandeglang memiliki lahan pertanian yang sangat produktif, dibidang hortikultura kita menghasilkan padi, jagung, kedelai, cabai, tomat, bawang merah bahkan manggis yang sudah diekspor ke luar negeri, dibidang peternakan ternak Pandeglang jadi unggulan.

"Pandeglang mampu menyuplai kebutuhan pangan di Provinsi Banten, hal ini tentunya saja membuktikan bahwa pandeglang merupakan daerah lumbung pangan,“ ucap Irna.

“Ayo semangat para pahlawan pangan Pandeglang, terus tingkatkan produktivitas pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan , sehingga berdampak pada meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para pertani, “ tambah Irna.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi mengatakan untuk mewujudkan kedaultan pangan. Pihaknya terus memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para petani baik di bidang hortikultura, peternakan maupun perkebunan.

Ia menambahkan dalam meningkatkan produktivitas dibidang hortikultura contohnya saja tanaman tomat yang ditanam oleh kelompok tani tunas mekar yang berada di area percontohan seluas setengah hektar mampu menghasilkan tomat andalan, biasanya mereka fokus tanaman cabai, akan tetapi para kelompok tani mencoba ingin mengembangkan tomat.

"Hasilnya alhamdulilah tomat mereka jadi produk unggulan karena dikelola oleh kelompok tani yang memiliki prestasi peringkat III tingkat nasional dalam budidaya, ini berkat kerjasama kita semua,“ ujarnya.