1.600 Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Labuan Bajo

Labuan Bajo - Sebanyak 1.600 vial (dosis) vaksin COVID-19 Sinovac tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu (31/1) sekitar pukul  12.15 Wita dengan pengawalan puluhan personel TNI-Polri.

Setelah tiba di Bandara Komodo, vaksin COVID-19 Sinovac kemudian dikawal personel TNI-Polri ke gudang farmasi Dinas Kesehatan Manggarai Barat.

Plh Sekda Manggarai Barat Ismail Surdi dalam keterangannya mengatakan, vaksin yang diterima harini merupakan distribusi tahap pertama untuk Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 1.600 vial/dosis yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan

"Peruntukan pada tahap pertama ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yaitu sebanyak 1.575 vial untuk tenaga kesehatan baik untuk nakes pemerintah maupun swasta, sementara 10 vial untuk sasaran esensial pejabat Forkompimda Mabar, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta 15 vial untuk sasaran target," ungkap Sekda Ismail.

Ismail  berharap dengan adanya vaksin Sinovac ini dapat mencegah penyebaran pandemi COVID-19 semakin meluas di Mabar.

"Seperti kita ketahui, saat ini penambahan kasus positif COVID-19 di daerah ini semakin banyak, sehingga dengan kehadiran vaksin Sinovac bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 semakin meluas," ungkapnya.

Seperti diketahui bahwa kasus positif COVID-19 Kabupaten Manggarai Barat hingga 30 Januari 2021 berjumlah 364 kasus, dengan rincian 171 masih diisolasi, 184 sudah dinyatakan sembuh dan 9 meninggal.

Sekda Ismail Surdi mengimbau agar masyarakat Mabar jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3M.

”Walaupun vaksin sudah ada, protokol kesehatan 3M harus tetap diterapkan dengan menggunakan masker tutup hidung dan mulut (bukan di dagu), selalu mencuci tangan, menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain," pungkas Sekda Ismail.