Diresmikan Wabup Tanah Datar, 65 KK Sungai Ungkang Nagari Sabu Nikmati Air Bersih Pamsimas

Tanah Datar - Sebanyak 65 Kepala Keluarga (KK) di Jorong Sungai Ungkang Nagari Sabu, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menikmati air bersih program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas).

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, ketika peresmian dan serah terima program Pamsimas III di Jorong Sungai Ungkang Nagari Sabu, Kamis siang (16/1), mengatakan jika pemerintah daerah sangat memahami dan menaruh perhatian serta minat yang sungguh-sungguh terhadap program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat tersebut.

"Kita menyadari betapa pentingnya air minum atau bersih dan sanitasi untuk kesehatan individu dan masyarakat di Kabupaten Tanah Datar," ucap wabup.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Zuldafri meminta masyarakat tidak lagi menggunakan daerah aliran sungai (DAS) untuk membuang kotoran (BAB) ataupun sampah, karena sungai masih banyak dibutuhkan masyarakat untuk kebutuhan air bersih seperti mandi dan mencuci.

Wabup berharap kedepannya Kelompok Pengelola Sarana Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) yang dipilih masyarakat di SK-kan oleh wali nagari sehingga dapat menjamin kesinambungan pelayanan dan pengembangan sarana sanitasi dan pengelolaannya dapat direncanakan seperti pemeliharaan yang berkelanjutan.

"Dengan telah dibangunnya Pamsimas III ini mari kita kelola dan operasikan dengan baik, rawat dan pelihara karena kebutuhan ini tidak hanya disini, masih banyak daerah lain di Tanah Datar yang membutuhkan sarana dan sanitasi air bersih," ujar wabup.