Pemkab Muara Enim Segera Miliki Labkesda

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Sumatera Selatan, segera memilik Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk optimalisasi layanan kesehatan di wilayah setempat.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Muara Enim Riswandar, saat rapat terkait pembahasan Labkesda di Aula Dinas Kesehatan, Kamis (11/2), mengatakan Labkesda sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan dan laboratorium yang sangat dibutuhkan untuk mendukung upaya kesehatan, dimanfaatkan untuk keperluan penegakan diagnosis, pemberian pengobatan, evaluasi hasil pengobatan dan pengambilan keputusan.

"Labkesda ini sesuai instruksi Bupati Muara Enim yang segera untuk dibangun agar fasilitas kesehatan layak dan sesuai standar yang telah ditetapkan," kata Riswandar.

Ia menambahkan, pembangunan Labkesda harus dekat atau mudah diakses masyarakat. Selanjutnya terkait penanganan limbah jangan mengganggu masyarakat.

"Dengan Labkesda diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap kebutuhan individu dan berperan sebagai pendukung maupun penegak dari sebuah diagnosis penyakit dalam upaya peningkatan untuk upaya peningkatan kesehatan yang optimal di Kabupaten Muara Enim," harap Riswandar.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Selamet Oku Asmana menyampaikan bahwa pihaknya sangat membutuhkan gedung baru pembangunan Labkesda tersebut dalam hal menunjang dan mendukung kebutuhan sarana kesehatan.

"Ada beberapa opsi yang akan ditinjau ulang terkait lahan yang nantinya akan ditetapkan oleh bupati sebagai lokasi pembangunan Labkesda, diantaranya eks terminal regional, komplek perkantoran Islamic Center dan sejumlah tempat yang memungkinkan lainnya," ungkap Oku.