Pemkab Gelar FGD Finalisasi Penyusunan Publikasi Tanah Datar Dalam Angka 2021 dan Pencanangan Satu Data

Batusangkar - Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan Nusyirwan membuka Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Penyusunan Publikasi Tanah Datar Dalam Angka 2021 dan Pencanangan Satu Data Tanah Datar di Emersia Hotel dan Resort Batusangkar, Rabu (24/2).

“Kesalahan penyusunan data dapat menyebabkan kesalahan dalam melakukan perencanaan, karena itu tentunya acara ini sangat penting untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Nusyirwan.

Lebih lanjut Nusyirwan menyampaikan, perencanaan pembangunan tepat sasaran dan dapat menjawab permasalahan daerah memerlukan data akurat, lengkap, berkesinambungan dan terkini yang bersumber dari setiap OPD, instansi dan lembaga lainnya yang ada di daerah.

“FGD ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan. Dan Insya Allah penyajian publikasi Tanah Datar Dalam Angka 2021 akan dirilis 26 Februari 2021, sehingga data dapat digunakan dalam berbagai kegiatan,” ujarnya.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama OPD, instansi vertikal serta institusi lainnya yang terlibat sebagai sumber data yang diserahkan kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Tanah Datar dan Dinas Kominfo selaku Wali Data Statistik Sektoral sehingga penyelesaian Tanah Datar dalam angka dapat dilaksanakan tepat waktu,” tambahnya.

Terkait Tata Kelola Satu Data Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019, Nusyirwan menyampaikan, Pemda Tanah Datar juga konsen untuk melaksanakan dan mensukseskannya.

“Perpres Nomor 39 tahun 2019 ini bertujuan mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses sehingga bisa dibagi pakaikan antar instansi pusat dan daerah dalam mewujudkan Tanah Datar yang lebih sejahtera, terima kasih terkhusus atas kerja keras BPS Tanah Datar dan Kominfo Tanah Datar,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BPS Tanah Datar M. Hudaya menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, terutama OPD dan instansi lainnya yang telah memberikan data sesuai yang dibutuhkan.

“Terima kasih atas kerjasama OPD dan instansi lainnya di Tanah Datar, terutama Dinas Kominfo selaku Wali Data sehingga penyusunan Tanah Datar dalam angka dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut M. Hudaya berharap Tanah Datar dalam angka menjadi estalase untuk program pembangunan yang dilaksanakan di OPD.

“Kegiatan statistik memiliki arah untuk mendukung pembangunan nasional dan daerah, karena pembangunan nasional dan daerah perlu data yang cepat dan berkualitas kita terus mengembangkan SSN yang andal, efektif dan efesien,” tukasnya.

Selepas itu, Kadis Kominfo Abrar selaku Wali Data Statistik Data Sektoral juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama yang baik dengan BPS Tanah Datar.

“Alhamdulillah Finalisasi Penyusunan Publikasi Tanah Datar dalam Angka 2021 berjalan baik, terima kasih atas kerjasama dan kerja keras semua, terutama kerjasama dan koordinasi BPS Tanah Datar,” katanya.

Turut hadir dalam acara itu Forkopimda Tanah Datar, instansi vertikal, BUMN/BUMD, Asisten Ekobang Edi Susanto, Kepala Dinas/Kantor/Badan Tanah Datar dan undangan lainnya.