Merangin Wakili Indonesia di Festival Budaya Melayu ASEAN 2020

Bangko - Kabupaten Merangin di bawah kepemimpinan Bupati Al Haris dan Wabup Mashuri, akan mewakili Indonesia pada Festival Kebudayaan Melayu ASEAN di Kota Yala Thailand, pada 7-9 Februari 2020.

Pada acara yang dikemas dalam Melayu Day @Yala ke-7 tersebut, Kabupaten Merangin diminta kepala perwakilan Konsulat Republik Indonesia di Songkhla Fachry Sulaiman, untuk berpartisipasi mengisi acara pentas kesenian.

"Ini sebuah kehormatan bagi kita. Nanti tim kesenian Kabupaten Merangin akan menampilkan tiga tarian dan tiga lagu Melayu khas Merangin, pada acara yang diikuti empat negara itu," ujar bupati di Merangin, Senin (27/1).

Keempat negara peserta Festival Kebudayaan Melayu, yakni Thailand, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Melayu Day @Yala sendiri sudah diselenggarakan setiap tahun sejak 2014 lalu.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merangin menyebutkan, tiga tarian yang akan ditampilkan salah satunya Tari Bakarang Ikan. Tari ini menggambarkan bagaiman warga mencari ikan menggunakan lukah.

Sementara itu, Kadis Kominfo Merangin M Arief mengatakan Festival Kebudayaan Melayu ASEAN 2020 akan diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya pentas kesenian, kebudayaan, seminar internasional, pameran pendidikan dan kebudayaan.

"Selain itu juga ada sajian kuliner Melayu pada pameran jajanan makanan halal, pameran busana muslim Melayu dan berbagai produk lokal negara peserta Festival Kebudayaan Melayu ASEAN," terang Arief.