Bupati dan Wabup Usung "Mabar Bangkit Menuju Mabar Mantap"

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan, untuk memenuhi janji janji politik kepada masyarakat, drinya bersama Wakil Bupati Yulianus Weng sudah merumuskan visi dan misi periode 2021-2026 yang akan menjadi masukan sekaligus rujukan dalam penyusunan tujuan, sasaran, kebijakan, program dan kegiatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2026.

"Bersama Pak Wakil Bupati kami sudah menetapkan Visi "Mabar Bangkit Menuju Mabar Mantap," kata bupati Manggarai Barat saat Sertijab Plh Bupati dengan Bupati dan Wakil Bupati Mabar Periode 2021-2026 di aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Rabu (3/3).

Ia menjelaskan bahwa rumusan Visi tersebut disusun berangkat dari sebuah pertimbangan dan pencermatan yang dalam atas capaian-capaian indikator Makro Pembangunan Daerah di Kabupaten Manggarai Barat yang belum menggambarkan peningkatan yang sangat sugnifikan, sementara pada sisi lain potensi dan keunggulan komparatif daerah kabupaten Manggarai Barat sangat besar.

"Beberapa indikator makro yang menggambarkan rendahnya kualitas kesejahteran dan daya saing daerah menjadi refleksi terbesar kami antara lain angka kemiskinan pada tahun 2019 sebesar 18,01%, Angka pengangguran 2,42%, Rasio Gini cenderung meningkat dalam beberapa tahun

terakhir dan ditahun 2019 sebesar 0,31 yang menggambarkan semakin besarnya ketimpangan pembangunan antara kota dan desa," jelasnya.

Kemudian, lanjut Edistasius, angka pendapatan perkapita yang sangat timpang antara pekerja atau masyarakat yang bekerja pada sektor primer dan tersier, Indeks Profesionalisme ASN yang masih dalam kondisi sangat rendah pada tahun 2019 dan berbagai permasalahan makro lainnya mendorongnya untuk berpikir ekstra untuk dapat bekerja cepat, tepat, terukur dan memiliki daya ungkit besar bagi membaiknya indikator pembangunan daerah di Kabupaten Manggarai Barat.

Ia pun menjelaskan Untuk mewujudkan harapan besarnya menuju Manggarai Barat yang MANTAB maka telah memilih kata BANGKIT sebagai kata yang merepresentatisi sebuah spirit atau motivasi besar untuk bekerja dengan cepat bahkan dapat dimaknai dengan berlari, bekerja tepat, terukur, akuntable dan sistematis dalam memanfaatkan atau mengkapitalisasi seluruh potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Manggarai Barat untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat.

"BANGKIT juga mengandung arti bangkit dari permasalahan kemiskinan, ketimpangan ekonomi, ketimpangan sosial dan lain sebagainya," ucapnya

Untuk mewujutkan harapan masyarakat Manggarai Barat, ia bersama wakil bupati sudah menyiapkan langkah-langkah, strategis dan berdaya ungkit besar diantaranya adalah melakukan Reformasi Birokrasi.

"Saya dan wakil bupati menyadari bahwa birokrasi atau ASN memiliki peran sangat strategis dalam seluruh skema pembangunan Daerah. Data yang menunjukan Indeks provesionalisme ASN tahun 2020 di Kabupaten manggarai Barat terkait, kapasitas, kompetensi, kinerja ASN dan disiplin masih sangat rendah," katanya.

Dengan demikian, lanjut Bupati Mabar, pihaknya berkewajiban untuk mendorong perubahan etos kerja ASN dan aparatur lainnya dengan memperkuat 4 variabel Indeks Profesionalisme ASN tersebut di atas.

"Khusus terkait dengan variabel disiplin PNS, kami tetap berkomitmen untuk terus mengawasi dan memberlakukan sangsi bagi ASN yang tidak disiplin agar kita dapat membentuk budaya kerja baru. Kami percaya dengan ASN yang professional maka seluruh gerak pembangunan daerah akan dapat terlaksana secara tepat waktu dan tepat manfaat," tegas bupati.

Ia menjelaskan, optimalisasi aset daerah untuk mendukung peningkatan pendapatan asli daerah dan layanan publik Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat memiliki beberapa aset tanah yang sangat strategis yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan peningkatan investasi daerah dengan pola kemitraan yang baik dengan Perusahaan Daerah, BUMDes, UMKM, dan stakeholder lainnya.

Ia menjelaskan, pendapatan asli daerah (PAD) tidak saja hanya bertumpu pada penerimaan pajak dan retribusi daerah, namun diharapkan peran strategis perusahaan daerah dalam mengelola aset strategis daerah bersama BUMDES dan stakeholder lainnya dapat ikut mendorong peningkatan PAD dan pendapatan masyarakat.

"Untuk itu saya bersama wakil bupati akan berusaha agar skema ini dapat berjalan secara baik dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan dan identifikasi menyeluruh terhadap seluruh aset daerah terutama asset tanah agar dapat dioptimalkan secara baik dan tepat manfaat," tegasnyaM

Ia mengatakan terkait hal ini pihaknys bersama wakil bupati akan mengoptimalkan koordinasi dengan Forkompinda agar semuanya dapat berjalan secara baik.

"Kami sangat percaya dengan memanfaatkan pinjaman daerah untuk penyediaan infrastruktur dasar seperti Jalan dan Irigasi akan dapat dengan cepat mendorong peningkatan eokonomi masyarakat dan sektor lainnya," katanya.

"Di samping ke tiga hal tersebut diatas, kami juga memiliki beberapa prioritas strategis daerah yang harus menjadi perhatian serius pengembangan pengelolaan Destinasi pariwisata berbasis masyarakat dengan tetap memperhatikan aspek keberlanjutan, penguatan sistem rantai pasok dan jejaring kerjasama ekonomi kreatif," tambahnya.

Kemudian, tambahnya, lenguatan sistem pelayanan kesehatan terutama pada aspek ketersediaan SDM, sarana dan prasarana dan regulasi pendukung, penguatan sistem pelayanan pendidikan, penguatan infrastruktur jalan, irigasi dan sanitasi.

"Tentunya beberapa sasaran strategis di atas akan menjadi bagian dari penyusunan RPJMD Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2021-2026," jelasnya.

Bupati Mabar berharap agar Kerjasama konstruktif tetap berlanjut dan mari bangun kerjasama yang saling mendukung untuk masa depan Kabupaten Manggarai Barat yang lebih baik.