Wabup Sumbawa Barat Minta Kades Sukseskan STBM dan Lomba Kampung Sehat Jilid II

Sumbawa Barat - Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin meminta seluruh kepala desa bekerja ekstra dan tetap semangat dalam mendukung penuntasan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Lomba Kampung Sehat Jilid II.

Permintaan itu diungkapkan oleh Wakli Bupati KSB yang akrab disapa Bang Fud dalam acara rapat persiapan pelaksanaan lomba kampung sehat jilid II di Sumbawa Barat yang dihadiri oleh Kapolres Sumbawa Barat, Kepala Kejaksaan Negeri, Sekda, Wakapolres, Kasdim 1628/Sumbawa Barat dan sejumlah PJU Polres dan pemerintah daerah setempat di ruang rapat Setda, Rabu (3/3).

"Saya meminta kita semua mendukung dua program ini, dan seluruh desa kalau bisa membangun posko COVID-19 untuk pelayanan masyarakat," ujar Bang Fud.

Ia juga meminta suruh Camat di KSB agar membentuk agen dan memilih Aparatur Sipil Negara di tingkat desa untuk mensosialisasikan secara masif dua program tersebut.

"Saat ini kita fokus tuntaskan STBM dan Lomba Kampung Sehat Jilid II," katanya.

Sementara itu Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah karena telah mendukung program Lomba Kampung Sehat Jilid II dan dimasukan ke dalam program 100 hari kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat.

"Lomba Kampung Sehat Jilid II ini adalah program Kapolda dan pemerintah provinsi NTB yang dapat berjalan bersamaan dengan program pemerintah RI," ungkap kapolres.

Kapolres juga meminta Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar membantu aparat desa untuk membuat posko COVID-19 dan mensosialisasikan secara masif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemebardayaan Masyarakat Desa Mulyadi dalam acara tersebut juga menyatakan dukungannya pada dua program prioritas tersebut. Ia akan segera mengumpulkan seluruh kepala desa untuk menerima arahan agar program yang akan dilaksanakan ke depan dapat berjalan sukses.

Program Kampung Sehat Jilid II adalah program yang diinisiasi oleh Kapolda NTB Irjen. Pol M Iqbal. Sementara STBM di Sumbawa Barat telah tercapai tiga pilar dan tersisa dua pilar yang akan segera dicapai dalam 100 hati kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat periode 2021-2026.

Dua pilar STBM yang akan ditargetkan dicapai dalam 100 hari adalah pengolahan limbah cair rumah tangga dan pengolahan sampah rumah tangga.