Plh Bupati Muara Enim Ikuti Raker Dekranasda Tingkat Sumsel

Muara Enim - Plh Bupati Muara Enim  Nasrun Umar (HNU) mengikuti Rapat Kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Peggerak PKK Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021 secara virtual dari Command Center Setda Sumsel.

Selain diikuti Plh Bupati Muara Enim, Rakerda yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan di Ball Room Hotel Arya Duta, Palembang, Kamis (4/3), juga diikuti secara virtual oleh Bupati dan Wali kota se-Sumsel dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) bersama Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru.

Tak hanya menampilkan kain sulam angkinan dan kain kawai kanduk saja tapi dalam acara tersebut pula menampilkan hasil dari keuletan karya-karya seni serta produk khas setiap kabupaten/kota di Sumsel.

“Dari sekian banyak produk yang ditampilkan tadi tentu juga ada yang tidak di ketahui oleh khalayak luas atau banyak orang kalau sebenarnya ada daerah atau sudut tertentu yang dapat menghasilkan produk yang luar biasa seperti karya-karya yang tampil dalam Rakerda ini, terima kasih untuk itu,” ucap Gubernur HD.

Gubernur Sumsel mengatakan, melalui Rakerda Deskranasda dan Rakon TP PKK ini untuk menyamakan persepsi dalam program kedepan

"Kita berkumpul di sini bukan hanya untuk seremonial semata akan tetapi lebih dari itu sehingga ada suatu inovasi atau temuan baru produk baru yang didapat dengan catatan tidak meninggalkan produk lama," ujarnya.

Sementara itu usai acara, Plh Bupati Nasrun menjelaskan jika di Muara Enim ada beragam kerajinan lokal maupun industri kreatif, seperti Batik Kujur dari Semende, Batik Khaman dari Rambang Niru, Batik Dehian dari Seleman Tanjung Agung, Sirup Sari Lemon dari Gelumbang, Pisang Rimpi dari Ujan Mas termasuk Kerupuk Lembak yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan yang tentu pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Akan tetapi segala potensi tersebut tidak akan maksimal jika tidak ada dukungan dari semua pihak utamanya dari Dekranasda dan TP PKK Sumsel," ujarnya.

Untuk itu, Plh Bupati Nasrun berharap dukungan dari semua pihak dan memastikan jajarannya (Perangkat Daerah terkait) untuk bersinergi bekerja lebih ekstra lagi dengan para stakeholder dalam mengangkat produk lokal asli Kabupaten Muara Enim guna meningkatkan daya saing dan pendapatan masyarakat.