Pemkot Tomohon Mulai Lakukan Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua

Tomohon - Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk bersama Wakil Wali Kota Wenny Lumentut resmi mencanangkan vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Pasar Wilken, Sabtu (6/3).

Dalam pencanangan vaksinasi tahap kedua ini, diawali dengan penyuntikan vaksin dosis pertama kepada Wali Kota Tomohon, Wakil Wali Kota dan penjabat seskot, serta para kadis, kabag dan masyarakat umum lainnya.

Wali Kota dalam sambutannya menjelaskan bahwa tahap pertama vaksinasi menyasar kepada tenaga kesehatan dan telah dimulai sejak pertengahan Januari 2021, pada saat ini Kota Tomohon melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua. Adapun sasaran penerima vaksin yaitu TNI, Polri, pelayanan publik, ASN, tenaga harian lepas, tokoh agama, pelaku usaha, Organda, BUMN, BUMD dan lansia, dengan sarana penunjang pelayanan vaksinasi di Kota Tomohon berjumlah 11 sarana yakni 7 Puskesmas 3 Rumah Sakit 1 klinik (Polres).

Vaksinasi COVID-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan dan memerlukan waktu sekitar 1 bulan untuk mencapai imunitas secara maksimal. Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan, dan suntikan kedua untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk.Program vaksinasi tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas dari total dari COVID-19, vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan, namun vaksinasi ini adalah opsi rasional yang dapat ditempuh saat ini.

Caroll berpesan kepada seluruh warga masyarakat agar selalu terapkan protokol kesehatan kapan pun dan dimana pun berada, dan pastikan anda siap mengikuti program vaksinasi. Mari kita sukseskan vaksinasi COVID-19 tahap kedua untuk melindungi diri dan memulihkan negeri dengan menanamkan tekad Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit, Tomohon Hebat," ujarnya.