Plh Bupati Muara Enim Minta Peran OPD Tingkatkan PAD

Muara Enim - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim Nasrun Umar membuka forum diskusi dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 di Ruang Pangripta Nusantara Bappeda, Senin (8/3).

Pada kesempatan ini, Plh Bupati meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim untuk terus meningkatkan peran serta dalam menggali dan menciptakan potensi guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Nasrun mencontohkan pada Kawasan Wisata Air Terjun Bedegung di Kecamatan Tanjung Agung yang seharusnya menurut Sekda Provinsi Sumatera Selatan ini bisa bersaing dengan kawasan wisata lain asalkan bisa dikelola dan ditata dengan baik, seperti penataan tempat penginapan yang kurang nyaman.

"Terlebih Bedegung sendiri tidak jauh dengan PT Bukit Asam Tbk yang bisa diminta untuk berkontribusi menata kawasan wisata air terjun ini. Dengan peran serta OPD inilah yang bisa tahu persis apa - apa saja potensi di Kabupaten Muara Enim yang bisa diberdayakan menjadi PAD," ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Riswandar mengatakan, dari dinas hingga kecamatan bila bertemu dengan kendala yang sifatnya mendesak tidam perlu dibahas melalui forum saja. Artinya, Pimpinan OPD, seperti camat bisa langsung datang ke Muara Enim untuk menyelesaikan masalah dengan menemui Kepala Dinas, Asisten, Sekds bahkan temukan pemecahan masalah dengan bertemu Bupati.

"Misal, bidang saya selalu saya pantau dinas - dinas mana saja yang datang. Dan ketahuan dinas mana saja yang tidak sering berkoordinasi. Dan kedepan saya akan langsung turun ke dinas bila masih ada yang tidak rutin berkoordinasi padahal ada hubungan dengan bidang 2. Takutnya nanti di dinas ini tidak tahu dengan apa yang dikerjakan, sehingga nantinya tidak nyambung dengan apa yang diamanahkan," ungkap Riswandar.

Sedangkan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rinaldo mengatakan, perlunya Pemkab Muara Enim membuat tim investasi yang bertugas menjemput potensi - potensi yang bisa dijadikan pendapatan daerah.

Mantan Kepala Bapenda Muara Enim ini mencontohkan yang bisa dijadikan sumber pendapatan seperti PBB, pemakaian jalan di Desa Kepur Kecamatan Muara Enim, dan pemakaian Jalan Jepang.