Pemkab Muara Enim Siap Tanggulangi Karhutla

Muara Enim - Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Amrullah Jamaluddin didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim Abdurrozieq Putra menghadiri apel gelar pasukan kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021 di Kebun Raya Sriwijaya, Desa Kayu Ara Batu, Kabupaten Muara Enim, Selasa (9/3).

Dalam kegiatan yang dibuka dan dipimpin oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Pemkab Muara Enim melalui tim BPBD turut ambil bagian menampilkan peralatan kesiapsiagaan dihadapan Gubernur, salah satunya 10 unit kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi untuk memadamkan api.

Dalam arahannya, Gubernur Herman Deru menyampaikan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah baik itu gubernur, bupati, walikota, camat, kepala desa, dan lurah supaya tanggap terhadap daerahnya.

"Kita semua harus maksimal mengatasi kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Sementara usai kegiatan, Staf Ahli menyampaikan bahwa Pemkab Muara Enim telah mempersiapkan personel dan peralatan pendukung dalam menghadapi musim kemarau tahun ini. Hal tersebut sesuai dengan arahan Plh Bupati Muara Enim Dr. Nasrun Umar.

Plh Bupati Nasrun menilai bahwa musibah bencana karhutla merupakan tugas dan tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu dirinya mengharapkan dukungan dari semua elemen masyarakat, termasuk tim TNI, Polri dan badan usaha yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk menghadapi maupun mengantisipasi bencana tahunan karhutla ini.

Kemudian Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim menambahkan bahwa dinasnya bersama unsur TNI dan Polri telah rutin berkoordinasi dan secara terus menerus memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

Dirinya juga menyampaikan bahwa kesiapan peralatan yang dimiliki BPBD Kabupaten Muara Enim saat ini memiliki 20 unit kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi, 2 unit mobil tanki suplai dan 30 unit mesin pompa.

Dijelaskannya, dalam waktu dekat Pemkab Muara Enim yang terdiri dari BPBD, Damkar dan Pol.PP beserta TNI/Polri maupun tim BUMS/BUMD/BUMN akan melaksanakan gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan karhutla.