Rosalina Ajak Pojka Bunda PAUD ‘Kepong Bakol’ Terapkan Layanan Holistik Integratif

Kubu Raya - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rosalina Muda Mahendrawan mengajak kelompok kerja (pokja) Bunda PAUD yang baru dilantik hari ini untuk 'kepong bakol' (bekerja sama) dalam menjalankan setiap program, khususnya dalam menerapkan layanan holistik integratif.

"Pembentukan Pokja Bunda PAUD ini bertujuan menyukseskan program nasional dalam gerakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan juga merupakan mitra kerja dalam pengembangan PUAD di Kubu Raya. Untuk itu diharapkan semua yang terlibat dalam Pokja Bunda PAUD Kubu Raya bisa bekerja dengan kepong bakol agar program yang ada bisa tepat sasaran," kata Rosalina saat memberikan sambutan pada pengukuhan Pokja Bunda Paud Kubu Raya periode 2021-2026 di Gardenia Resort and Spa, Senin (15/3).

Rosalina menegaskan, pengukuhan Bunda PAUD tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi dalam menghadirkan kondisi penyelamatan dan penyiapan generasi yang akan datang sejak usia dini. Untuk itu Pokja Bunda PAUD tidak bisa bekerja sendiri tapi butuh partisipasi dari berbagai elemen masyarakat.

"Diharapkan, pokja dapat lebih meningkatkan fungsi dan peran kerjanya dalam memenuhi tuntutan dalam pengembangan dan pembinaan anak usia dini sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap anak di Kabupaten Kubu Raya. Ini juga merupakan salah satu hal penting karena merupakan wadah yang fokus mengurusi Pendidikan Anak Usia Dini," tuturnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya itu mengharapkan, dengan terbentuknya Pokja Bunda PAUD ini bisa menjadi katalisator atau pemicu dalam mempercepat terwujudnya pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan pokja Bunda PAUD ini mempunyai tanggung jawab melakukan kerjasama secara berkala dan berkesinambungan dengan berbagai lembaga atau organisasi untuk mewujudkan Paud berkualitas.

“Kepada pemerintah desa, diharapkan dapat melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap layanan Paud diwilayahnya dengan melakukan pendampingan, koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas lintas program dan sektor terkait dalam pembinaan layanan PAUD serta melakukan sosialisasi kebijakan kebijakan terkait Paud berkualitas dengan layanan holistik integratif," pintanya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengharapkan Pokja Bunda PAUD diminta untuk fokus dalam menjalankan setiap program yang ada.

Dengan fokus, maka setiap program yang ada bisa dikerjakan dengan maksimal. Selain itu, diharapkan Pokja Bunda PAUD ini bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab, bukan hanya sekedar melaksanakan tugas. Jika setiap tugas dikerjakan dengan tanggung jawab, maka segala sesuatu yang dikerjakan akan dilakuakn dengan sepenuh hati.

"Saya mengajak kepada semua pihak untuk berkerja, kepong bakol dalam melaksanakan tanggung jawab kita terhadap tumbuh kembang anak yang lebih baik, agar masa depan anak-anak Kubu Raya semakin menanjak ke depannya," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pokja Bunda PAUD Kubu Raya Asmil Ratna mengatakan setelah dilantik, dirinya akan mengajak semua SKPD yang terlibat dalam Pokja Bunda PAUD ini untuk bisa langsung bekerja dengan menjalankan program yang ada di setiap SKPD dan diintegraskan untuk peningkatan kualitas Paud yang ada di kabupaten itu.

"Untuk itu kita harapkan kerjasama yang baik dari semua pihak terkait hingga tingkat desa dan kita akan melaksanakan tanggung jawab kita kepada Bunda PAUD Kubu Raya dalam menyukseskan setiap program PAUD yang ada," pungkasnya