Pemkot Ambon Berencana Vaksinasi Massal Pedagang Pasar

Ambon - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana melaksanakan vaksinasi massal bagi para pedagang pasar.

Sekretaris Kota (Sekot) Ambon A.G Latuheru, usai mengikuti dan memantau vaksinasi massal bagi pelayan publik, Senin (15/3), menjelaskan para pedagang adalah sasaran prioritas berikutnya setelah pelayan publik. Kegiatan ini rencananya akan di pusatkan di Pasar Mardika, Gudang Arang, Waiheru, dan Pasar Transit-Passo, sehingga tidak menggagu aktivitas berjualan.

 

“Pedagang pasar di Ambon ada banyak, oleh karena itu kita harus verifikasi data betul, yang akan divaksin adalah mereka yang benar-benar berjualan di pasar, bukan anaknya atau keluarganya yang lain,” kata Sekot.

Dijelaskan Sekot, kebanyakan pedagang pasar adalah masyarakat awam yang ragu dengan keamanan vaksin COVID-19, karena terpengaru isu-isu hoaKS di media sosial. Namun jika ada pedagang yang divaksin dan tidak merasakan dampak yang mengkhawatirkan, tentunya yang lain akan mengikuti.

“Pedagang biasanya akan mencoba (divaksin) dulu, jika tidak bermasalah baru semua pasti mau divaksin. Yang jelas, terus kita suarakan bahwa jangan takut divaksin, vaksin ini aman dan halal,” ungkapya.

 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Wendy Pelupessy menjamin ketersediaan vaksin bagi para pedagang pasar yang jumlahnya kurang lebih 2.000 orang, baik untuk vaksin pertama dan kedua (boster).

"Untuk pelaksaannya sendiri masih dikoordinasikan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, yang membawahi semua pasar di kota Ambon," ujarnya.