Labuan Bajo Siap Jadi Tuan Rumah Malam Anugerah Pesona Indonesia

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi menegaskan bahwa Labuan Bajo siap untuk menjadi tuan rumah malam Anugerah Pesona Indonesia (API).

Hal tersebut ditegaskan Bupati Mabar pada rapat koordinasi secara virtual melalui zoom meeting, Selasa (16/3) malam, di rumah jabatan wakil Bupati Manggarai Barat. Bupati saat rakor secara virtual didampingi Wabup Yulianus Weng dan Sekretaris ASITA Mabar Ali Sahidun

"Pada prinsipnya kami siap menjadi tuan rumah yang baik untuk kegiatan malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 pada 9 April mendatang, untuk tempat pelaksanaannya menurut rencana di hotel Inaya Buy Labuan Bajo," ungkap bupati Mabar.

Bupati Mabar yang biasa disapa Edi Endi menyampaikan rasa terimakasih kepada gubernur NTT dan semua pihak yang telah memilih Labuan Bajo Mabar sebagai tuan rumah.

Namun, lanjut Edi Endi terkait pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan tetap berkonsultasi dan berkoordinasi secara kontinyu dalam keberhasilan acara tersebut.

"kami menginginkan kegiatan ini sebagai momentum dalam menghidupkan kembali sektor ekonomi Dunia Pariwisata di daerah destinasi super prioritas Labuan Bajo Manggarai Barat ini," katanya.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan malam anugerah pesona Indonesia tersebut

"Masyarakat Daerah Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo Mabar siapa menjadi tuan rumah yang baik, saat kegiatan nanti kedepankan penerapan protokol kesehatan COVID-19," ucap Edi Endi.

Labuan Bajo kabupaten Manggarai Barat (Mabar) ditunjuk menjadi tuan rumah malam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 pada 9 April 2021 mendatang setelah melalui koordinasi dan arahan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Hal tersebut ditegaskan Ketua ASITA NTT Abed Frans. Ia menjelaskan ada tiga tempat yang sempat direkomendasikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yaitu kota Kupang, Semau, dan Sumba. Namun, sesuai hasil koordinasi bersama, maka Labuan Bajo yang dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan event tahunan itu.

Abed mengatakan Labuan Bajo masih dinilai sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman serta sangat layak untuk menampung tamu yang akan hadir di sana.

Sementara pengurus API Pusat Kerjasama Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif, Muhammad Syafaat menyampaikan, hingga saat ini sudah terdaftar 476 orang tamu yang akan hadir dalam malam API 2020 di Labuan Bajo.

“476 tamu itu dari seluruh Indonesia yang terdiri dari bupati, wali kota dan staf Dinas Pariwisata serta DPRD setempat yang akan siap berkunjung ke Labuan Bajo. Mereka datang dengan biaya sendiri,” katanya.