"Kopi Pagi" Angkat Tema Kebangkitan Ekonomi Melalui Vaksinasi

Natuna - Program "Kopi Pagi" hasil kerjasama Diskominfo Natuna dan RRI Ranai, Kamis (18/3), membahas bangkitnya sektor ekonomi di tengah pandemi melalui vaksinasi COVID-19.

Dila Amran yang merupakan Tim Strategi Komunikasi Kepresidenan yang hadir sebagai narasumber, menyampaikan untuk saat ini tren kasus aktif mulai menurun, namun bukan berarti masyarakat mulai melonggarkan protokol kesehatan.

"Kita masih harus terus berjuang sampai zero aktif, dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan dalam hal ini," ujar Dila.

Dalam dialog tersebut Dila Amran juga menjelaskan, pemerintah terus melakukan berbagai strategi untuk kembali membangkitkan rkonomi masyarakat dit engah pandemi.

"Tiga langkah konkret yang dilakukan untuk menstimulus ekonomi masyarakat diantaranya melalui bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak, kedua, memberikan dana hibah kepada pelaku UMKM, dan terakhir dengan terus mengawal program vaksinasi hingga terlaksana sampai lapisan terbawah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala IDI Kabupaten Natuna dr Tigor Sinaturi menyampaikan, dalam mendukung usaha pemerintah untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, Ikatan Dokter Indonesia terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Selain sosialisasi tentang protokol kesehatan, kami juga melakukan sosialisasi mengenai vaksin sekaligus meyakinkan masyarakat bahwa vaksi yang digunakan aman dan dapat membantu membangun antibodi untuk mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Narasumber lain yang juga hadir adalah seorang psikolog Sumarni. Ia menjelaskan bahwa tidak dapat dipungkiri COVID-19 juga berdampak pada kondisi psikologis masyarakat.

"Hal ini dapat dilihat masih banyak masyarakat yang memiliki rasa takut untuk mengunjungi ruang publik atau menjalankan aktivitas secara normal seperti sebelum pandemi," ujarnya.

Di akhir dialog, Dila Amran menegaskan bahwa pemerintah akan terus bekerja keras meminimalisir angka positif hingga turun menjadi zero kasus.

"Kita harus bergandengan tangan utuk bersama sama melawan wabah ini. Sesuai dengan tagline acara hari ini "Masyarakat Sehat Ekonomi Bangkit"," tutupnya.