Wabup Manggarai: Pembangunan Bukan Hanya Fisik

Manggarai - Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 sekaligus meresmikan pemanfaatan Gedung Puskesmas Langgo dan Iteng di Iteng, Kecamatan Satarmese, Jumat (19/3) pagi.

"Bukan hanya soal fisik, bangun jembatan, jalan; pembangunan cara berpikir ini juga penting. Itu (cara berpikir) juga pembangunan," tutur Wakil Bupati Heri.

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh kesamaan pikiran dan persepsi serta didukung oleh SDM, anggaran, dan fasilitas yang layak.

Lebih jauh, Wakil Bupati Heri mengatakan bahwa kedepannya, pemerintah dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus segera diselesaikan antara lain kelangkaan pupuk subsidi, persoalan hak ulayat tanah, pelaksanaan pilkades serentak, dan rencana pemekaran kecamatan satarmese.

"Bupati, Wakil Bupati, dan instansi teknis berkomitmen membahas ini (kelangkaan pupuk subsidi) dan actionnya sebentar lagi harus ke Jakarta (pemerintah pusat) untuk mendiskusikan ini secara politik," tuturnya.

Terkait penyelesaian persoalan tanah, ia mengimbau pihak kecamatan untuk bisa membangun koordinasi dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional) agar persoalan tersebut segera terselesaikan.

"Supaya pelan-pelan bisa mengatasi paling tidak memperkecil kecenderungan terjadinya konflik baik itu horizontal atau vertikal. Caranya adalah (pembuatan) sertifikasi (tanah)," ungkapnya.

Khusus persiapan pelaksanaan pilkades serentak, Wakil Bupati Heri berharap agar pihak kecamatan menggandeng seluruh elemen masyarakat dan tokoh masyarakat agar pelaksanaan pilkades serentak dapat berjalan lancar, aman, tertib, dan sukses.

Untuk rencana pemekaran Kecamatan Satarmese, Wakil Bupati Heri berharap agar pihak kecamatan mampu memberikan jaminan bahwa rancangan lokasi aset tidak menyebabkan persoalan di kemudian hari.

Pada kesempatan tersebut, Camat Satarmese Damianus Arjo menyampaikan sejumlah usulan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Satarmese antara lain permintaan tenaga dokter untuk Puskesmas Langgo dan Puskesmas Iteng, pembangunan beberapa jembatan di jalur Iteng-Koak, pembangunan dermaga Iteng, pembangunan jaringan listrik di Desa Gara, Tado, dan Koak, serta perluasan jaringan listrik di sejumlah desa, pembangunan suplesi Wae Mantar I di Golo Cala.

Selanjutnya, usulan rehabilitasi jalan propinsi Simpang Cumbi-Pongkor-Golo Cala-Iteng, peningkatan status desa persiapan menjadi desa definitif, pembentukan desa model, sertifikasi tanah P4SWM dan tanah masyarakat lainnya, serta usulan pemekaran Kecamatan Satarmese.

Setelah membuka secara resmi kegiatan Musrenbang RKPD, Wakil Bupati Heri selanjutnya meresmikan penggunaan Gedung Puskesmas Langgo dan Iteng bertempat di Puskesmas Iteng.

Pada kesempatan itu, ia menyempatkan diri berdiskusi dan mendengarkan sejumlah keluhan dan usulan petugas kesehatan antara lain usulan penambahan perawat, petugas satpam dan cleaning service, peningkatan status 30 orang Tenaga Sukarela Murni, usulan tenaga dokter, serta Tunjangan Jasa Medik.

Turut hadir dalam acara itu, Asisten Administrasi Umum Fransiskus Kakang, Plt Kepala Dinas Kesehatan Nobertus Burhanus, serta utusan dari perangkat daerah.