Bupati Ngawi Resmikan Desa Wisata Gunung Kendil

Ngawi - Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono melakukan penanaman pohon dan meresmikan Desa Wisata Gunung Kendil Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Sabtu (20/3).

Bupati Ony Anwar, dalam sambutannya memberikan apresiasi untuk masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengembangkan potensi yang dimiliki desa sebagai inisiatif peningkatan ekonomi.

"Kita sangat senang, masyarakat bisa memberikan inovasi untuk mengembangkan potensi desanya, dan nantinya dapat berdampak baik dalam meningkatkan perekonomian masayarkat di masa pandemi COVID-19 saat ini," terangnya.

Ony Anwar juga menyampaikan sosialisasi serta menjelaskan Peraturan Bupati (Perbup) No. 9 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Kemasyarakatan (PPKM) Partisipatoris sebagai strategi dalam rangka pengendalian COVID-19, salah satunya sektor wisata.

"Sektor wisata boleh dijalankan, tetapi dengan syarat menerapkan protokol kesehatan ketat serta pembatasan pengunjung yang disesuaikan kapasitas ruang," jelasnya.

Bupati Ngawi juga mengajak masyarakat untuk berdialog tentang pengembangan wisata desa ini, supaya memiliki ciri khas dan lebih menonjolkan kearifan lokal.

"Dalam menciptakan sebuah desa wisata, kita harus menyesuaikan serta menggali potensi yang ada. Sehingga bisa dikembangkan menjadi sebuah keunikan tersendiri dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung," pungkasnya.