Pemkab Muara Enim Gelar Lomba Bercerita

Muara Enim - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim menyelenggarakan kegiatan Lomba Bercerita Tahun 2021 di Hotel Griya Serasan Sekundang, Kota Muara Enim, Senin (22/3).

Kegiatan yang digelar untuk mewujudkan generasi yang cerdas dan berakhlak serta cinta budaya lokal ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Amrullah Jamaluddin selaku perwakilan Bupati Muara Enim.

Amrullah Jamaluddin, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan lomba bercerita yang diikuti oleh para siswa-siswi se-Kabupaten Muara Enim mulai dari tingkat SD, SMP, SMA Sederajat.

“Anak-anak merupakan cikal bakal potensi sumber daya manusia yang harus kita persiapkan agar menjadi generasi penerus yang cerdas, berakhlak serta berwawasan luas sebagaimana tercermin dalam visi Kabupaten Muara Enim #MERAKYAT yaitu Muara Enim untuk Rakyat,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan perlu secara dini menanamkan pada anak-anak rasa gemar membaca berkesinambungan karena melalui membaca buku merupakan jembatan ilmu yang harus ditumbuh kembangkan pada diri anak-anak.

Ia mengatakan, tujuan Lomba Bercerita ini tidak lepas dari persoalan rendahnya minat baca pada anak-anak, pelajar dan masyarakat di Kabupaten Muara Enim, sehingga perlu dimotivasi dan dukungan untuk lebih intensif mengunjungi perpustakaan serta menggerakkan dan menumbuhkan minat baca terutama pada anak-anak dan masyarakat.

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat terus diselenggarakan, mengingat kegiatan lomba bercerita ini merupakan salah satu wadah untuk menumbuh kembangkan kecintaan terhadap budaya lokal dan cerita rakyat dikalangan anak-anak yang pada akhirnya mereka dapat mengerti, mengetahui tentang cerita rakyat yang ada di Kabupaten Muara Enim dan juga Provinsi Sumatera Selatan,” ujarnya.