Bukit Asam Tanami 2.020 Pohon di Lahan Eks Tambang Tanjung Enim

Muara Enim - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) PT Bukit Asam (PTBA) ke-39, dilakukan penanaman serentak sebanyak 2.020 pohon kayu putih di bekas lahan tambang Backfilling Pit 3 Banko Barat, Tanjung Enim, Sumatera Selatan, Selasa (11/2).

Dalam sambutannya mewakili Plt Bupati Muara Enim Juarsah, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Asmawi menyambut baik adanya penanaman pohon kayu putih yang dinilai sebagai langkah positif untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai sumber oksigen.

"Saya berharap langkah positif PTBA ini bisa diteruskan pada tahun-tahun yang akan datang dan bisa diikuti oleh perusahaan tambang batubara lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bukit Asam Arviyan Arifin mengatakan bahwa penanaman 2.020 pohon kayu putih ini selain untuk memeriahkan HUT ke-39 PTBA juga untuk terus menjaga kelestarian alam.

"Sesuai dengan komitmen dan visi perusahaan, seluruh lahan pascatambang pasti akan kembalikan fungsinya seperti sedia kala. Kami akan terus berupaya dan terus berkomitmen untuk menjaga alam," tegas Arviyan.

Arviyan menambahkan penanaman pohon ini melibatkan ratusan peserta dari karyawan Bukit Asam, jajaran Pemkab Muara Enim, hingga para siswa di Tanjung Enim.

"Dipilihnya pohon kayu putih selain sudah lama Bukit Asam, jenis ini mempunyai ketahanan dibanding pohon lain karena dapat hidup di lahan kering dan tandus, serta tahan panas bila terbakar dia dapat tumbuh kembali," ungkap Arviyan.