Vaksinasi Tahap II Dosis Kedua di Manggarai Mulai Dilaksanakan

Manggarai - Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai menggelar vaksinasi COVID-19 tahap II dosis kedua secara serempak pada Selasa (23/3).

Vaksinasi yang menyasar tokoh agama, anggota DPRD, pejabat publik, ASN, guru, dan pelayan masyarakat lainnya, diselenggarakan di tiga tempat berbeda antara lain Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Sekretariat DPRD, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai.

Selain pemberian vaksinasi dosis kedua, di saat bersamaan juga diberikan vaksinasi tahap kedua dosis pertama kepada 100 orang guru.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Nobertus Burhanus mengapresiasi antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan vaksinasi. Namun, karena keterbatasan jumlah vaksin maka proses pelaksanaan vaksinasi secara keseluruhan ke semua lapisan masyarakat belum bisa terlaksana.

"Masyarakat sangat senang sekali untuk mendapatkan ini (vaksinasi COVID-19), tapi dalam pelaksanaannya itu, kita tetap mengacu bagaimana jumlah vaksin itu ada. Karena apa, soal vaksin itu, kita tergantung pengiriman dari alokasi Kementerian (Kemenkes RI) melalui Dinas Kesehatan Propinsi (NTT)," tuturnya.

Berdasarkan Dashboard Sistem Informasi Satu Data KPC-PEN Kemenkes RI per 21 Maret 2021, cakupan vaksinasi COVID-19 Kabupaten Manggarai untuk tahap pertama memenuhi target yang ditetapkan dengan capaian di atas 80 persen sedangkan tahap kedua masih berada di bawah 69 persen.