Jelang PK-21, Bupati Manggarai Harap Data yang Dihasilkan Bermanfaat

Manggarai - Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit berharap agar pelaksanaan Program Pendataan Keluarga 2021 (PK-21) yang akan dilaksanakan mulai 1 April - 31 Mei 2021 dapat menghasilkan data yang bermanfaat bagi proses perencanaan pembangunan kedepannya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Hery saat membuka rapat koordinasi persiapan pelaksanaan PK-21 di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Rabu (24/3).

Pendataan keluarga, menurutnya, menjadi sesuatu yang penting bagi pemerintah dalam menyediakan basis data keluarga untuk intervensi program keluarga berencana dan program pembangunan lainnya.

Ia menegaskan kepada para petugas untuk melaksanakan kegiatan pendataan dengan baik sehingga data yang dihasilkan akurat, valid, relevan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kalau urus orang berarti kita omong kualitas. Kualitas ini sendiri mungkin tidak akan tercakup dalam pertanyaan-pertanyaan ini. Saya minta teman-teman Sub PPKB untuk lihat lagi data ini dengan baik (sebelum ditanyakan kepada masyarakat)," tuturnya.

"Saya percaya bahwa teman-teman PKB (Penyuluh Keluarga Berencana), PPKBD (Pembantu Penyuluh Keluarga Berencana Desa), Sub PPKB, itu sudah dipersiapkan dengan baik dan sudah berpengalaman juga," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Manggarai Silvanus Hadir mengatakan bahwa pendataan keluarga ini menyasar semua keluarga dengan metode sensus.

"Sarana yang dipakai adalah formulir dan smartphone (aplikasi), pengolahan data di tingkat kecamatan, dan indikator yang diukur adalah data kependudukan, KB, pembangunan keluarga, stunting, dan indikator lokal NTT," tuturnya.

Untuk kegiatan pendataan itu sendiri, lanjutnya, ditargetkan menyasar 66.360 KK ke 171 desa se-Kabupaten Manggarai. Kegiatan ini didukung SDM PK 21 sebanyak 637 orang dengan rincian manajer pengelola 12 orang, manajer data 12 orang, supervisor 171 orang, dan kader pendata 442 orang. Sedangkan jumlah tenaga PKB, PPKBD, dan Sub PPKBD dirinci 59 orang PKB, 171 orang PPKBD, dan 577 orang Sub PPKBD.