Muhammadiyah Mabar Kutuk Bom di Gereja Katedral Makassar

Labuan Bajo - Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) mengutuk bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3).

Ketua PDM Mabar Tajudin menyebut tindakan tersebut adalah perbuatan yang sangat keji dan merupakan kejahatan kemanusiaan.

"Kejadian aksi diduga bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja katedral Makassar Sulawesi Selatan pada hari Minggu kemarin merupakan sebuah kejahatan kemanusiaan dan merupakan tindakan yang sangat keji terhadap nilai-nilai kemanusiaan," kata ketua PDM Mabar Tajudin, Senin (29/3).

Tajuddin menegaskan PDM Mabar mengutuk tindakan pelaku bom bunuh diri tersebut dan berharap kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian tersebut.

"Atas nama pengurus Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat mengutuk dan mengecam tindakan tersebut dan kami berharap pihak kepolisian mengusut tuntas kejadian tersebut agar tidak mengganggu nilai toleransi dan kedamaian seluruh masyarakat," harapnya.

Senada dengan ketua PDM, Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah Mabar Siti Nurfiati mengecam keras kejadian tersebut dan berharap agar pihak kepolisian untuk segera mengusut dan menangkap tokoh intelektual dibalik kejadian di Gereja Katedral Makassar tersebut.

Sementara itu, Ketua Pemuda Muhammadiyah Mabar Rusman Solomon juga mengutuk dan meminta kepada Kepolisian untuk mengusut tuntas kelompok yang yang berperan dalam aksi tersebut.

Ia berharap agar pemerintah sesegera mungkin memastikan dalam perayaan Paska yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan menjamin keamanan agar dalam peribatan bisa fokus, damai dan berjalan dengan lancar.

Rusman mengatakan sebaik-baiknya manusia itu yang bermanfaat buat orang lain.

"Sehingga apa yang terjadi di makasar kejadian bom bunuh diri yang dilakukan Teroris tidak mencerminkan manusia yang bermanfaat dalam ajaran Al Quran atau agama Islam," ucapnya.

Ia berharap agar masyarakat Manggarai Barat untuk tetap tenang jangan mudah terprovokasi dan selalu menjaga keharmonisan serta menjunjung tinggi nilai toleransi yang sudah di junjung tinggi daerah ini.