Pemkot Tomohon Gelar FGD Pra Musrenbang Penyusunan RKPD 2022

Tomohon - Pemerintah Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Pra Musrenbang RKPD Kota Tomohon Tahun 2022 dalam format Focus Group Discussion (FGD), Senin (29/3).

Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk, dalam sambutan yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Jemmy Ringkuangan mengakatan, FGD ini merupakan forum pemantapan persiapan pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat kota, untuk sinergitas program dan kegiatan pembangunan di wilayah setempat.

"Diharapkan dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang akan disusun dapat menjamin tercapainya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) yang terdiri dari kebijakan umum APBD (KUA), prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) serta rencana kerja anggaran (RKA) perangkat daerah," ujar Jemmy.

Ia juga berharap rencana program dan kegiatan yang akan termuat dalam dokumen RKPD nantinya harus bersinergi dengan tema, sasaran prioritas, rencana program aksi pembangunan yang disepakati, serta memperhatikan berbagai pokok-pokok pikiran dari para pemangku kepentingan, begitu juga pokok-pokok pikiran DPRD.

"Dalam rangka menuntaskan berbagai persoalan yang berkembang ditengah masyarakat. Perangkat daerah terkait diharapkan dapat mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat dan terencana dengan baik, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap," ujarnya.

Oleh karena itu, ujar Jemmy, diperlukan peran aktif dari setiap delegasi Kecamatan yang hadir untuk memberikan usulan-usulan dari masyarakat berdasarkan hasil Musrenbang tingkat Kelurahan dan Kecamatan yang sudah di input dalam sistem SIPD (sistem informasi pemerintah daerah) yang adalah aplikasi langsung dari Kementerian Dalam Negeri RI, karena tahapan penyusunan dokumen RKPD Kota Tomohon tahun 2022 saat ini sudah berbasis elektronik (e-Planning) termasuk e-Pokir atau pokok-pokok pikiran DPRD yang juga di-input dalam aplikasi SIPD.

Kegiatan ini dihadiri melalui secara virtual oleh Anggota DPRD Kota Tomohon, Kepala Bapelitbang Daerah Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu, Narasumber DR. Stevanus Ngenget, SS, MA selaku Dekan Fakultas Pariwisata Unika De’la Salle, Een Novritha Walewangko, akademis Fakultas Ekonomi Unsrat, para delegasi kecamatan, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan akademisi.