Tingkatkan Produktivitas, Pemkab Serang Gandeng Empat Perusahaan Pertanian

Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Serang melakukan Memorendum of Understanding (MoU) dengan empat perusahaan bidang pertanian.

Kerja sama tersebut telah dilakukan dan disaksikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati Serang pada Rabu (31/3).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana menjelaskan, melalui kerjasama tersebut, kualitas dan mutu gabah yang dipanen terjaga dan meningkatkan nilai jual padi. Empat perusahaan tersebut yakni, PT Agro Serang Berkah (ASB), PT Pupuk Indonesia Pangan (PIP), PT Agro Jabar (AJ), dan PT Jawara Indonesia Pangan (JIP)

“Kerjasama dengan PT ASB dan PT PIP untuk pengelolaan 6 unit combine harvester, sarana produksi agro solution dan penyerapan gabah petani. Sedangkan PT ASB dengan PT JIP dalam penyerapan gabah petani untuk bahan baku premium,” ujarnya melalui keterangan tertulis pada Senin, 4 April 2021.

Ia menambahkan, PT ASB dan PT AJ juga akan membantu petani terkait pembiayaan usaha tani jagung dan suplai jagung pipilan kering ke pabrik pakan di Kabupaten Serang.

“Dukungan pengembang jagung di Serang dapat meningkatkan suplai bahan baku ke pabrik pakan di Kabupaten Serang,” tuturnya.

Zaldi berharap, hasil kerja sama tersebut bisa meningkatkan pendapatan petani di Kabupaten Serang. “Ujungnya adalah meningkatnya kesejahteraan petani,” imbuhnya.

Direktur PT Agro Serang Berkah, Neneng Sri Hastuti Handayani mengatakan, melalui kerja sama tersebut, petani bisa terbantu mulai dari proses produksi hingga penjualan.

“Petani tidak usah mikirin modal, proses panen dan penjualan sehingga bisa fokus untuk produksi pertaniannya saja,” imbuhnya.

Hasil dari kerja sama tersebut, kata Neneng, petani akan terbantu dengan alat yang disediakan oleh pihak perusahaan saat proses panen dan penjualan.

“Melalui combine harvester lebih mempercepat proses panen dan penjualan pasti akan meningkat. Proses pemasaran pun dibantu oleh kami,” katanya.