Asisten III Muara Enim Tegaskan Arsip Penting dan Harus Tertib

Muara Enim - Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim bidang Administrasi Umum, Maryana mewakili Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar membuka pendidikan kilat (Diklat) pengelolaan kearsipan di Griya Hotel Serasan Sekundang, Senin (5/4).

Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim bidang Administrasi Umum Maryana mengatakan bahwa penataan arsip baik manual maupun elektronik berperan sebagai informasi autentik dan asli yang bisa digunakan di masa mendatang.

"Arsip yang benar dapat membantu dalam mengambil keputusan dan sumber informasi, serta pengetahuan bagi pemangku kepentingan," ujarnya.

Ia mengatakan, arsip harus dikelola yang benar - benar ahli dibidangnya karena arsip autentik harus diselamatkan dan dilestarikan.

"Maka dari itu, saya tegaskan arsip itu penting!. Karena itu pengelolaan arsip harus tertib," tegasnya.

"Jangan sampai kalau ada masalah baru sibuk menyiapkan dokumen. Mulai sekarang, semua OPD untuk tertib administrasi, arsip jangan palsu, arsip disimpan dengan baik siapa tahu ada perubahan - perubahan diperlukan dimasa datang. Terlebih Pemkab Muara Enim setiap tahunnya rutin memberikan penghargaan kepada OPD yang dinilai tertib dalam melakukan pengarasipan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Diklat Pengelolaan Kearsipan Bahermansyah mengatakan bahwa Diklat ini digelar 5-10 April 2021 dan diikuti pejabat fungsional Pemkab Muara Enim dengan tujuan meningkatkan pemahaman tugas, tanggung jawab kearsipan, dan menjadi aparatur yang profesional sehingga terciptanya tertib kearsipan.

Turut hadir pada kesempatan ini, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muara Enim Harson, Kepala Badan Penelitian Pengembangan Daerah Muara Enim Tarmizi Ismail, dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).