Disparekraf Muara Enim Gelar Seminar Digipreuner dan Transformasi Digital Marketing

Muara Enim - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Muara Enim Isdrin membuka langsung Seminar Digipreuner dan Transpormasi Digital Marketing Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Era 4.0 di Tengah Pandemi Tahun 2021 di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Selasa (6/4).

Seminar ini diikuti 50 orang para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Muara Enim dengan narasumber dari Founder Naikkelas.id / Aksinusantara.com ( Para Digital Marketing / Creative Thinking ( Bapak Firstman R Marpaung), Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan selaku Pengelola Sumsel mall yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumsel ( Ibu Ambar Sehatingsih), Kepala Seksi SDM dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan ( Bapak Fikri Heriyanto), Bank Mandiri KCP Muara Enim , Bank Sumsel Babel Cabang Muara Enim dan Perwakilan dari Marketplace Tokopedia (yang akan menyampaikan materi secara daring / online) serta dengan moderator Announcer LPPL Radio Suara Muara Enim Diskominfo (DJ Andre Taulana).

Dalam sambutannya, Isdrin mengatakan, pada era industri 4.0, teknologi informasi dan komunikasi merupakan sarana yang membantu dalam kehidupan dalam berbagai bidang termasuk dalam dunia pariwisata dan ekonomi kreatif .

"Sejalan dengan era 4.0 maka peningkatan daya saing ekonomi kreatif daerah, perlu dilakukan pengembangan kapasitas (capacity building) khususnya bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) ekonomi kreatif dari berbagai sub Sektor Ekonomi Kreatif, Pemanfaatan digital marketing di era Revolusi industri 4.0 pada dunia pariwisata telah mengubah paradigma industri, pekerjaan, cara berkomunikasi, berbelanja, bertransaksi, hingga gaya hidup," ujarnya.

Ia menerangkan, sebagaimana kita ketahui bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak dari pandemi COVID-19. Oleh karena itu pemerintah mendorong para pelaku ekonomi kreatif sebagai insan kreatif untuk membangun dan mengembangkan Industri 4.0 di bidang pariwisata dengan menekankan pada Tourism and The Digital Transformation atau Pariwisata dan Transformasi Digital melalui promosi dan dan memasarkan sebuah daerah/daya tarik wisata dan produk-produk ekonomi kreatif dengan menggunakan media digital marketing, antara lain melalui  website, sosial media, online advertising.

Maka dari itu, tambahnya melalui seminar ini yang merupakan salah satu peran Pemkab Muara Enim dalam pengembangan ekonomi kreatif dalam membangun relasi dan pengembangan jejaring serta pemanfaatan teknologi digital.

"Diharapkan para peserta mampu menggali dan mengembangkan potensi-potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Muara Enim, melalui berbagai inovasi-inovasi yang berbasis tekhnologi," pungkas Isdrin.