Update Laporan Bencana Kabupaten Manggarai hingga Jumat

Manggarai - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Manggarai kembali memperbaharui data bencana akibat badai siklon yang terjadi pada 4-6 April 2021 .

Per Jumat (9/4), total laporan kejadian akibat bencana ini mencapai 242 laporan. Rinciannya antara lain bencana angin kencang 226 laporan, gelombang pasang 1 laporan, tanah bergerak 1 laporan, tanah longsor 10 laporan, dan banjir 4 laporan.

Dari total laporan tersebut, jumlah fasilitas terdampak bencana mencapai 246 unit dengan rincian rumah masyarakat 211 unit, fasilitas umum 18 unit, fasilitas pemerintah 7 unit, fasilitas pendidikan 7 unit, dan tanaman komoditi 3 lokasi. Jumlah kerusakan yang ditimbulkan mencapai 225 unit dengan rincian rusak berat 30 unit dan rusak sedang 195 unit.

Sebanyak 150 KK, 678 jiwa, terkena dampak dari Siklon tropis ini. Dari jumlah itu, sebanyak 87 warga terpaksa mengungsi ke rumah keluarga akibat kerusakan yang ditimbulkan dari badai tersebut.

Pihak BPBD Kabupaten Manggarai saat ini sedang berupaya menyediakan kebutuhan mendesak bagi kepala keluarga yang mengungsi sekaligus menyiapkan bahan material bangunan guna memperbaiki kerusakan akibat badai siklon tersebut.

Di lain pihak, BPBD juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat Manggarai agar senantiasa waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi.