Plh Bupati Muara Enim Buka Pasar Tani dan Sembako Murah

Muara Enim - Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar membuka kegiatan Pasar Tani dan Sembako Murah menjelang bulan Ramadan 1442 Hijriah di Lapangan Merdeka Muara Enim, Senin (12/4).

Dalam sambutannya, Nasrun mengatakan, menjelang Ramadan biasanya terjadi kenaikan harga di masyarakat karena lonjakan permintaan bahan pangan pokok seperti beras, telur,  gula, daging, cabai, bawang merah, bawang putih dan kebutuhan pokok lainnya.

"Untuk itulah, pada hari ini Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan menggelar kegiatan Pasar Tani dan sembako murah yang merupakan ajang promosi efektif untuk  memperkenalkan hasil pertanian, pengolahan dan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh petani dan kelompok industri rumah tangga di Kabupaten Muara Enim dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau," ujar Nasrun.

Diharapkan Nasrun dengan adanya Pasar Tani ini mampu menekan laju inflasi dan dapat menekan kenaikan harga di masyarakat sehingga petani dan masyarakat dapat sama-sama sejahtera.

Lebih lanjut ia meminta agar pengembangan Pasar Tani harus terus diupayakan, khususnya dalam meningkatkan kemampuan manajemen agar dapat menjadi agen pemasaran bagi petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani serta untuk di tahun depan agar Pasar Tani ini dapat digelar dengan lebih besar lagi dengan menjual ataupun menampilkan potensi-potensi pertanian dari 22 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

“Saya berharap dengan semakin banyaknya informasi yang didapat dan diterima petani dengan sendirinya kita harapkan akan merubah pola pikir dan pola usahanya sehingga akan bertindak sebagai pemasok,” kata HNU menambahkan.

Terakhir, sebelum meninjau Pasar Tani, HNU mengajak para petugas maupun para petani yang tergabung dalam Asosiasi Pasar Tani (Aspartan) dan Kelompok Wanita Tani untuk dapat bekerja sama dalam upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Kegiatan Pasar Tani ini melibatkan Dinas/Instansi terkait seperti Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Ketanahan Pangan, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, serta Perum Bulog Cabang Lahat.