Bupati Mabar: Kebersihan Labuan Bajo Tanggung Jawab Bersama

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi mengajak masyarakat Labuan Bajo dan para pemilik hotel untuk selalu menjaga kebersihan di wilayah sekitarnya.

"Seluruh masyarakat dan para pemilik hotel harus punya rasa tanggung jawab terhadap kebersihan kota Labuan Bajo dan di wilayah sekitarnya," ungkap bupati Mabar, saat meninjau langsung lokasi kerja bakti membersihkan sampah di muara Pantai Gorontalo, Kamis (15/4).

Setiap tahun, lanjut bupati, pascabanjir akan banyak sampah yang datang dari pegunungan ke muara Gorontalo sehingga menyebabkan sampah banyak di wilayah pesisir dari kawasan Pantai Pede sampai muara Hotel Jayakarta.

"Kerja bakti ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan para pengusaha hotel yang berlokasi di Pantai Pede sampai muara Gorontalo pada 7 April lalu. Kerja bakti pembersihan sampah ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari masyarakat, pemilik hotel dan restauran, TNI, Polri, Satpol PP, jajaran Kecamatan Komodo dan Desa Gorontalo," ujarnya.

Bupati berharap masyarakat dan pemilik hotel selalu menginformasikan kepada Pemda Mabar jikalau terjadi Banjir di wilayah sekitarnya

"Saya harap masyarakat dan pemilik hotel menjadi informan yang selalu memberikan informasi terkait banjir atau bencana lainnya kepada Pemda Mabar, agar segera diambil tindakan nyata," jelas Bupati Edi Endi.

Terkait hewan ternak yang bebas berkeliaran dan tidak diikat oleh pemiliknya, bupati Mabar menegaskan akan menertibkan hewan-hewan ternak tersebut dan menghimbau kepada para pemilik ternak untuk mengikat hewan ternaknya

"Hewan ternak yang berkeliaran akan diambil tindakan tegas, saya akan perintahkan kepada pol PP untuk menertibkannya dan menghimbau kepada pemilik ternak untuk mengikat hewan ternaknya," imbuh Edi Endi.

Ia mengingatkan dengan ditetapkannya Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium merupakan sebuah peluang dan tantangan besar dalam membangun Manggarai Barat menuju kesejahteraan bersama.

"Saya harapkan ada kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan wilayah karena kita telah menjadi destinasi pariwisata super prioritas dan pariwisata super premium, yang selalu identik dengan kebersihan wilayah," harap Bupati Bumi Komodo tersebut.

Kemudian, Bupati Edi Endi mengingatkan dan mengajak semua pihak baik pemilik hotel dan restauran untuk bersama menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan memanfaatkan masyarakat lokal dalam era persaingan pariwisata super premium.

"Saya menyadari kami belum bisa berbuat banyak dengan kebersihan kota Labuan Bajo dan beri kami waktu untuk pembenahan itu dan saya meminta agar kita jangan apatis namun harus mengambil peran dalam semua upaya pemerintah dalam mengatasi kebersihan kota Labuan Bajo dan saya yakin kita mampu mengatasi itu," pungkas Bupati ujung barat Pulau Flores tersebut.

Sementara salah satu pemilik hotel yang ikut langsung kerja bakti tersebut mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemda Mabar yang responsif terhadap keluhan dari kami terkait sampah bawaan banjir.

"Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada pemda Mabar dalam hal ini bupati dan wakil Bupati yang langsung merespon keluhan kami dan menurunkan staf dan alat berat guna membersihkan sampah di wilayah pesisir mulai dari pantai pede sampai muara Gorontalo," ungkapnya.