Pj Sekda Muara Enim Rapat Pencegahan Korupsi Bersama Gubernur Sumsel dan KPK

Palembang - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani mengikuti rapat bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru terkait koordinasi pencegahan tindak pidana korupsi yang dihadiri langsung oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, di ruang rapat Auditorium Graha Bina Praja Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Kamis (15/4).

Pj Sekda Emran, usai rapat menyampaikan kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi penyelenggara pemerintahan termasuk kepala daerah untuk langsung menyampaikan aspirasi dan saran pendapat serta pemikiran terkait kebijakan dan pengambilan keputusan tentang pengadaan barang dan jasa sekaligus permasalahan lainnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri menekankan kepada kepala daerah, termasuk penyelenggara pemerintahan agar berkomitmen mendukung tugas dan fungsi APIP sebagai strategic partner.

Dirinya mengharapakan hal ini dapat menjadi trusted advisor atau penasihat yang baik bagi kepala daerah, dan sebagai early warning system untuk memberikan masukan sebelum terjadi penyimpangan dengan memetakan risiko.

Lebih lanjut ketua KPK menekankan kepada kepala daerah akan peran pentingnya, di antaranya mewujudkan tujuan negara, menjamin stabilitas politik dan keamanan, menjamin keselamatan masyarakat dari segala gangguan bencana dan pertumbuhan ekonomi, menjamin kepastian kemudahan investasi dan perizinan berusaha serta menjamin keberlangsungan program pembangunan nasional.