Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Terminal Multipurpose Labuan Bajo

Labuan Bajo - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan bahwa terminal multipurpose ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Juni mendatang.

Hal tersebut disampaikan gubernur NTT saat mengunjungi terminal multipurpose labuan Bajo didampingi Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Wakil Bupati  Yulianus Weng sebagai salah satu agenda kunjungan kerja selama dua hari di Labuan Bajo, Rabu (21/4).

Dijelaskannya, terminal multipurpose ini peletakan batu pertama pembangunannya oleh Presiden RI Joko Widodo. Dulunya lokasi ini yang bisa dilihat hanya laut, namun sekarang sudah menjadi terminal multipurpose.

Gubernur NTT yang biasa disapa Viktor Laiskodat tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan dan pihak Pelindo III, atas terlaksananya pembanguan terminal ini.

Kemudian Viktor Laiskodat juga menyampaikan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati Manggarai Barat, serta untuk seluruh masyarakat yang terus menerus memantau proyek pembangunan pelabuhan ini sehingga bisa diselesaikan.

Dijelaskannya bahwa berdasarkan informasi dari pihak Pelindo batas terendah dari pelabuhan ini saat ini adalah kedalaman 16 meter dan akan sampai pada garis tanda dengan kedalaman 20 meter lagi.

"Berdasarkan informasi dari pihak Pelindo III kedalaman laut dari lokasi ini sampai dengan 20 meter dan ini luar biasa," ungkap gubernur.

Viktor Laiskodat mayakini pelabuhan ini akan memberikan peluang dan potensi manfaat bagi NTT, khususnya masyarakat Labuan Bajo dan Pulau Flores pada umumnya.

Karena dengan keberadaan pelabuhan ini, lanjut Viktor, masyarakat Labuan Bajo bisa langsung mengekspor potensi sumberdaya yang ada karena pelabuhan ini sudah memenuhi syarat untuk disinggahi oleh kapal-kapal besar dan parkir di sini.

"Untuk langsung ekspor keluar negeri terhadap sumber daya dan potensi yang ada didaerah ini baik dari Kupang maupun labuan Bajo tidak lagi harus ke Surabaya dulu," ucapnya.

Viktor menyampaikan bahwa kecukupan sumber daya yang ada dan potensi juga ada, sehingga kita berdoa untuk itu, agar supaya kita bisa mengerjakan dengan baik walaupun provinsi ini saat sekarang dalam keadaan berduka karena bencana.

"Di tengah duka karena bencana di provinsi ini, tapi kita harus bersyukur bahwa pembangunan di NTT terus bergerak maju, karena ini menjadi prasyarat untuk segala potensi yang dimiliki bisa menuju pada provinsi yang berkembang dan maju," tegas Viktor.

Gubernur NTT yang juga politisi Partai Nasdem ini juga berharap seluruh bupati dan seluruh stakeholder untuk bekerja secara terpadu.

"Saya berharap seluruh kita, baik bupati dan stakeholder untuk bekerja secara terpadu, rajin di lapangan, bekerja secara terus menerus sehingga upaya untuk mewujudkan cita-cita untuk NTT bangkit dan sejahtera bisa tercapai," pungkasnya.