Pemkot Tomohon Gelar Apel Kesiapsiagaan Potensi Cuaca Ekstren

Tomohon - Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk menjadi inspektur upacara dalam apel kesiapsiagaan dalam rangka kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem, Rabu (21/4).

Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk mengatakan bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis potensi cuaca ekstrem yang dapat memicu bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang dan angin kencang.

"Oleh karena itu koordinasi dan komunikasi sangat penting, salah satunya untuk mendapatkan masukan analisis peringatan dini cuaca serta kesiapsiagaan sehingga peringatan dini kepada masyarakat dapat dilakukan sejak dini," ujarnya.

"Saya berharap agar seluruh unsur dari pemerintah daerah, TNI, Polri, instansi vertikal dan seluruh lapisan masyarakat dapat saling bergandengan tangan, bahu membahu dan meningkatkan koordinasi dan konsolidasi dalam menghadapi kemungkinan musibah dan bencana alam," tambahnya.

Caroll meminta kepada seluruh komponen terkait agar dapat menyiapkan langkah-langkah antisipasi dan taktis, segera dirumuskan dan pertajam langkah tersebut dengan simulasi-simulasi terhadap kemungkinan-kemungkinan terburuk apabila terjadi bencana.

"Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan masyarakat untuk tanggap bencana dan siap setiap saat. Hal ini tentunya bukanlah hal yang berlebihan, namun adalah sebuah langkah preventif dan antisipasi yang terukur dalam sebuah manajemen bencana.dari kesemuanya itu, kiranya apa yang kita lakukan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam beraktivitas," ujarnya.