Pemkot Tomohon Gelar Seminar Hari Kartini

Tomohon - Pemerintah Kota Tomohon merayakan peringatan Hari Kartini ke-142 tahun 2021 melalui kegiatan seminar dengan tema "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Kesetaraan Gender" di Aula Lantai III Mall Pelayanan Publik, Rabu (21/4).

Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum O.D.S Mandagi mengatakan atas nama Pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat Hari Kartini.

Caroll mengatakan, perjuangan RA Kartini dalam memajukan perempuan Indonesia melalui emansipasi wanita, sedikit demi sedikit dapat diwujudkan dan diimplementasikan. Hal ini terbukti dengan banyaknya tokoh-tokoh perempuan yang berprestasi dan dapat membuktikan diri menjadi figur yang kuat dan mampu memposisikan diri setara dengan pria.

Caroll menambahkan, salah satu upaya untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender adalah melalui pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan nasional yang dituangkan dalam program kegiatan yang ada di daerah. Kehadiran perempuan dalam pembangunan bangsa juga telah terbukti memberikan sumbangsih dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam Kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon drg Jeand'arc Senduk-Karundeng mengatakan bahwa pada dasarnya pelaksanaan seminar ini akan memperkuat kemampuan dan kemandirian kaum perempuan untuk mengurangi kemiskinan dan mengakhiri kesenjangan ekonomi melalui kesetaraan gender dan peningkatan taraf hidup masyarakat serta berperilaku hidup bersih dan sehat untuk kelangsungan hidup masyarakat.

"Selamat Hari Kartini dan jadilah Kartini-Kartini masa kini yang hebat," ujarnya.