Dinkes Kota Tomohon Gelar Pelatihan Petugas PSC 119

Tomohon - Dinas Kesehatan Kota Tomohon menggelar pelatihan petugas Public Safety Centre (PSC) 119 di Hotel Grand Master, Senin (26/4).

Wali Kota Tomohon Caroll J.A Senduk melalui Staf Ahli Olga Karinda, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan pelayanan kesehatan terbaik merupakan hak dasar seluruh masyarakat.

"Kesehatan adalah prioritas dan merupakan pilar utama dalam tercapainya indeks pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, karena itu pemda terus mendorong kegiatan yang sifatnya mewujudkan Tomohon sehat, mandiri dan berkeadilan, seperti kegiatan pelatihan saat ini," ujarnya.

Diharapkannya dengan adanya pelatihan petugas PSC 119 akan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai dengan misi wali kota-wakil wali kota.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon Deesje Liuw menjelaskan, PSC 119 merupakan tim layanan cepat tanggap darurat yang tugasnya adalah membantu penanganan kesehatan yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga pada keadaan atau situasi kritis di masyarakat dengan menggunakan aplikasi atau call centre, dimana program ini diatur dalam Permenkes Nomor 19 Tahun 2016 tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, pemerintah daerah bertugas dan bertanggung jawab membentuk pusat pelayanan keselamatan terpadu (Publik Safety Centre).