Bupati Kubu Raya Audiensi Program Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove Kawasan Perdesaan

Kubu Raya - Kegiatan Audiensi Program Terkait Pelaksanaan Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove Terutama pada Kawasan Perdesaan di Kabupaten Kubu Raya dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati pada Kamis (29/4).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove beserta jajaran, serta SKPD yang menangani kegiatan audiensi ini.

Terdapat 63 DPG (Desa Peduli Gambut) di Kabupaten Kubu Raya sehingga menunjukkan bahwa lahan untuk gambut di Kubu Raya masih luas dan berpotensi untuk melestarikan hutan mangrove itu sendiri.

"Yang ingin dilanjutkan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove adalah program inkubasi ekonomi di kabupaten Kubu Raya dimana nantinya bekerja sama dengan PT.mega inovasi organik," ujar Myrna Safitri selaku Kedeputian bidang edukasi sosialisasi, partisipasi dan kemitraan badan restorasi gambut dan mangrove.

Hingga tahun 2021, Kubu Raya telah menetapkan 9 kawasan perdesaan, 1 kawasan perdesaan, Rasau Jaya udah masuk ke dalam prioritas nasional. Pemfokusan penggunaan organik sudah dilakukan Kubu Raya belum lama ini.

"Kita udah usahain pake daun nipah untuk buat besek sehingga penggunaan bahan organik dapat dimaksimalkan. Bahkan banyak desa yang udah supply ke katering-katering," ujar Bupati Muda.