Kepala BKKBN: Kerahkan Berbagai Sumber Daya untuk Pencegahan Stunting

Labuan Bajo - Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo menekankan pentingnya menggerakkan berbagai sumberdaya dalam menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi serta pencegahan stunting di wilayah Manggarai Barat.

"Selain koordinasi dan integrasi semua pihak, penting juga untuk menggerakkan berbagai sumberdaya dalam menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi serta pencegahan stunting di daerah destinasi super premium Labuan Bajo ini," kata dr. Hasto Wardoyo saat mengunjungi Puskesmas Labuan Bajo, Kamis (29/4).

Kunjungan dalam rangka pencegahan stunting dengan Yayasan 1.000 Cita Bangsa ini merupakan salah satu agenda dari kunjungan kerja kepala BKKBN dan jajarannya selama 4 (empat) hari di 3 kabupaten di daratan Flores NTT, yaitu Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur.

Kepala BKKBN yang biasa disapa dr. Hasto tersebut memberikan apresiasi kepada Puskesmas Labuan Bajo dengan Program Sahabat Keluarga dan Gerakan Terpadu dan Pencegahan Stunting (GARDU PENTING).

"Program Gardu Penting Puskesmas Labuan Bajo ini merupakan salah sumberdaya yang harus selalu kita dukung dalam upaya menurunkan angka kematian bayi dan ibu serta mencegah stunting," ucapnya.

Mantan Bupati Kulon Progo Yogyakarta tersebut tidak lupa juga menyampaikan terima kasih kepada Yayasan 1000 Cita Bangsa atas kemitraannya dengan Pemkab Manggarai Barat melalui STUNTING CENTER OF EXELLENT.

"Kepada semua pihak khususnya Yayasan 1000 Cita, terimakasih karena melakukan kegiatan peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan di 22 Puskesmas dengan pelatihan, bantuan media edukasi stunting (stiker pertumbuhan, selimut bumil, lembar balik, dll)," imbuhnya.

Pada tempat yang sama Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengucapkan terima kasih atas kunjungan orang nomor 1 di BKKBN beserta jajarannya.

"Dengan mengenakan topi dan selendang asli Manggarai Barat Hasto sudah menjadi bagian dari keluarga besar Manggarai Barat. Dan pasti akan turut berjuang bersama kita utk menurunkan AKI/AKB dan mencegah Stunting di yang tercinta ini," ungkap wabup Mabar.

Diketahui selama kunker sejak hari Senin, 26-29 April, BKKBN dan 1000 Days Fund melalukan sejumlah audiensi dengan Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat, Sekda Manggarai, Uskup Ruteng.

Serta mengikuti workshop dengan tema Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Ibu dan Anak.

Semoga kerjasama ini berhasil mengejar target penurunan angka stunting khususnya di Nusa Tenggara Timur agar tak ada lagi anak-anak yang harus menderita stunting, ucap pengurua 1000 Days Fund

Turut hadir mendampingi Bapak Wakil Bupati Manggarai Barat; Kepala BKKBN Propinsi NTT Marianus Mau Kuru, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, KB, dan Perlindungan Anak Milkior Nurdin, Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Adrianus Ojo, dan pejabat BKKBN pusat.