Pemkab Muara Enim Gelar Pasar Murah Jelang Lebaran

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim akan menggelar Pasar Tani (Pasar Murah) dan Operasi Pasar untuk pengendalian kebutuhan dan ketersediaan komoditas pangan menjelang Lebaran, yakni pada 5 Mei dan 10 Mei 2021 di Lapangan Merdeka Muara Enim.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat yang berlangsung siang tadi di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Kantor Bupati Muara Enim, Jumat (30/4) yang dipimpin oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muara Enim Riswandar dengan diikuti oleh Perangkat Daerah terkait diantaranya Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo termasuk juga Bulog Lahat.

Dalam arahannya, Asisten II menekankan agar pasar murah yang digelar dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok makanan sehari-hari nanti, benar-benar murah di banding standar harga yang ada di pasar.

"Agar nanti harga bahan pokok yang di jual di pasar murah harganya dapat benar-benar murah, jangan hanya berbeda seribu atau dua ribu saja, kan kasihan jika pembeli datang jauh-jauh cuma beda harga seribu dua ribu. Minimal kalau bisa beda lima ribu atau sepuluh ribu sesuai dengan harga pokoknya la, 40% dari harga pokok, sehingga masyarakat kita benar-benar dapat merasakan manfaat dari kehadiran Pemerintah," pinta Asisten II menegaskan.

Asisten II juga meminta agar kegiatan Pasar Murah ini dapat di sosialisasikan ke masyarakat, utamanya untuk Dinas Kominfo agar dapat di Calling-kan (siaran keliling) dan melalui media lainnya seperti spanduk, baliho, radio, media sosial  ataupun media lainnya sehingga masyarakat dapat mengetahui dan datang ke Pasar Murah tersebut.

Selain itu, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19,  Asisten II menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk mendukung penuh penerapan protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan masker.