Plh Bupati Muara Enim Resmikan Relokasi 188 KK dari Bedeng Obak dan Dok Mutik

Muara Enim - Sebanyak 188 KK (Kartu Keluarga) yang terdiri dari 115 KK di Bedeng Obak, 61 KK di Karang Tinah dan 12 KK di Dok Mutik secara resmi di relokasi ke Perumahan Bara Lestari yang berada di Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim yang ditandai dengan pemecahan kendi oleh Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) bersama Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki dan Direktur Utama (Dirut) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suryo Eko Hadianto, di Depan Mushola Al-Istiqomah Bedeng Obak, Tanjung Enim, Sabtu (1/5).

Dalam sambutannya, Dirut PTBA Suryo Eko Hadianto mengatakan, beberapa tahun yang lalu saat dirinya masih baru menjadi bagian dari PTBA, dirinya berkunjung melihat langsung keadaan ataupun lingkungan di Bedeng Obak dan Karang Tinah dan menurutnya suasana disana tidak sehat karena kurang lebih 100 meter sudah ada kegiatan pertambangan.

“Saya melihat waktu itu, kalau lagi hujan atau sudah turun hujan memang tidak masalah, tetapi kalau musim kemarau sudah nggak karuan-karuan, debu bertebaran dimana-mana. saya melihat ini tidak sehat, kondisi di sini tidak sehat, dari sanalah kami berkumpul dengan warga setempat untuk mencarikan solusi dalam permasalahan ini, harus ada perubahan yang tentunya dengan diringi harapan yang lebih baik dan lebih sejahtera lagi kedepan,” terang Suryo Eko Hadianto.

"Dan Alhamdulillah, pagi ini, hari ini, kita resmikan bersama-sama hal tersebut sebagai wujud implementasi dari nilai luhur kami. Kami ingin masyarakat disini meningkat peradabannya, masa depan anak-anaknya, lebih baik kehidupan ekonominya dan lebih baik segala-galanya. Insya Allah ke depan secara kesejahteraan bisa menempati rumah yang lebih layak dan tentu dengan lingkungan yang jauh lebih baik lagi," ujarnya.

“Perlu diketahui oleh Bapak Ibu sekalian juga termasuk seluruh warga, pemindahan ini bukan karena tujuan PTBA ingin menggali batubara di bawahnya. Tidak, ini sudah tidak akan ada penggalian batubara di bawahnya karena sampingnya sudah ada Sungai Enim. Tapi, benar-benar ini karena kesadaran kami melihat kondisi seperti ini kami meresponnya dengan langkah seperti ini harapan kami di tempat baru nanti ada masa depan yang lebih baik, lebih sejahtera peradabannya,” lanjutnya.

Tak hanya sampai disitu, dirinya pun menegaskan, PTBA tidak akan tinggal diam dan sampai disini saja. Karena nanti disana (Bara Lestari) akan dijadikan Kampung Baru Kampung binaan PTBA yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan taraf kesejahteran masyarakat disana dan kami komitmen untuk itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki mengatakan, memang luar biasa PTBA ini, terus dan terus melakukan upaya untuk mensejahterakan masyarakat utamanya di sekitaran ring 1 nya PTBA.

Tapi, selaku Wakil Rakyat dirinya menambahkan, bahwasanya Masyarakat Muara Enim khususnya di Tanjung Enim ini memang sudah banyak dibantu dan tentu tidak cukup sampai di sini. Karena sebagian rumah yang direlokasi ini belum memiliki sertifikat cuma ada HGU saja. Untuk itu, hal tersebut menjadi PR ke PTBA dalam hal mensertifikatkan rumah baru tersebut, jangan sampai pemukiman sudah baru tapi status hukumnya belum bersertifikat. Tapi untuk semuanya, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya.

Dalam kesempatan tersebut pula, Plh Bupati Muara Enim mengucapkan Alhamdulillah telah dipersiapkan tempat relokasi perumahan oleh PTBA sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang menurutnya sangat luar biasa. Namun, tentunya suksesnya pelaksanaan yang dilakukan oleh PTBA di dalam melakukan eksplorasinya tentu tidak akan lepas dari peran dan dukungan dari masyarakat utamanya yang berada di sekeliling PTBA. Untuk itu, dirinya berharap jangan hanya sampai di sini saja. Masih banyak kaum kaum yang menurutnya termarjinalkan di Kabupaten ini.

“Dengan berani saya mengatakan hari ini bahwa stakeholder yang terbesar yang memberikan supporting nya atas pembangunan Kabupaten Muara Enim salah satunya adalah PTBA, sekali lagi atas nama masyarakat Kabupaten Muara Enim Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ucap HNU menambahkan.

Lebih lanjut, selain mengucapkan selamat, HNU meminta kepada para masyarakat tentu ketika pindah ke tempat yang baru, rumah baru, suasana baru.Satu hal yang paling penting yaitu harapan baru yang harus kita miliki dan kita yakinkan itu akan terjadi di tempat yang baru.

“Terima kasih atas acara yang luar biasa hari ini, relokasi tiga lokasi Karang Tinah, Bedeng Obak dan Dok Motik ke Perumahan Bara Lestari ini, mari kita jadikan momentum ini untuk ke depan jadi lebih baik lagi dan akan tetap selalu ada di hati seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya.